Beranda LAINNYA TEKNOLOGI 10 Juni, Planet Jupiter Bakal Terlihat Jelas dari Bumi

10 Juni, Planet Jupiter Bakal Terlihat Jelas dari Bumi

-

Suarabinjai,– Para pecinta astronomi bakal dimanjakan dengan fenomena astronomi di bulan Juni. Di bulan ini planet Jupiter akan terlihat dengan sangat jelas. Bukan hanya sekadar planetnya tapi juga bulan-bulan yang mengitarinya. 

Bahkan untuk melihatnya, Anda hanya membutuhkan teropong binokular. 

NASA menyebut bahwa Jupiter adalah planet yang terbesar dan paling terang bulan ini. 

“Planet terbesar sistem tata surya ini akan terlihat seperti permata yang indah dan terang walau dengan mata telanjang, tapi akan terlihat fantastis melalui teropong atau teleskop kecil, yang akan memungkinkan Anda untuk melihat empat bulan terbesarnya,” tulis badan ruang angkasa ini di laman resminya.

Planet Jupiter yang terang ini akan terlihat dengan sangat jelas pada 10 Juni 2019 mendatang ketika planet ini mencapai oposisinya ketika Jupiter, Bumi, dan matahari berada dalam satu garis lurus. 

Meski demikian, di bulan ini tak cuma Jupiter saja yang bakal terlihat tapi juga ada fenomena lainnya. NASA menentapkan sepanjang bulan sebagai bulan yang penuh fenomena astronomi. 

Dari tanggal 14 sampai 19 Juni, Anda bisa melihat ‘susunan indah’ bulan, Jupiter, dan Saturnus yang berubah setiap malam saat bulan mengorbit bumi. 

“Ketika Anda sedang mengagumi trio ini, Anda akan melihat sebuah pergerakan yang rapi hanya hanya dengan memperhatikan pergerakan bulan dari malam ke malam.”

Fenomena ini diklaim bisa dilihat dari seluruh dunia. 

Namun Robert Massey, wakil direktur eksekutif di Royal Astronomical Society Inggris menawarkan beberapa saran untuk bisa melihat fenomena ini. 

“Tidak seperti bintang, itu tak akan berkelap-kelip,” katanya kepada CNN. 

“Namun Anda butuh pandangan yang luas dan langit yang terang serta bersih untuk melihatnya.”

Dengan menggunakan teropong, Anda akan melihat bentuk Jupiter dan empat buah bulannya yang terang. Sementara teleskop akan memberikan lebih banyak detail.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Masyarakat Binjai Dihimbau Untuk Tidak Berdesakan Dalam Mencairkan BST

Binjai, SB Kepala kantor Pos kota Binjai Wasnal Fuadi menghimbau kepada warga untuk mengindari penumpukan saat mengambil Bantuan Sosial...

Diduga Memeras Kontraktor, Ketua OKP Ditangkap Polisi

Binjai, SB Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Binjai YI alias ID, diamankan personel Polres Binjai karena diduga...

Terkait OTT Ketua OKP, Kerumunan Pemuda Protes Didepan Polres Binjai

Binjai, SB Sejumlah Organisasi Kepemudaan (okp) di Binjai melakukan protes terhadap Polisi Resort Binjai,...

Wali Kota Binjai Akan Buat Perwal Wajib Penggunaan Masker

Binjai, SB Wali Kota Binjai, Muhammad Idaham berencana akan menandatangani Peraturan Walikota (Perwal)  tentang kewajiban warga kota memakai masker...

Tim Gabungan Lakukan Rapid Tes Massal Sambut HUT Kota Binjai ke 148

Binjai, SB Sambut HUT kota Binjai ke 148, Tim gabungan Pemko Binjai lakukan rapid tes secara massal dan menghimbau...