Home LIFESTYLE KESEHATAN 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

-

Binjai,SB, — Bawang putih seakan tak bisa dilepaskan dari masakan Indonesia. bumbu dapur ini selalu jadi penyedap dan pelengkap rasa dalam banyak makanan.

Bukan hanya sekadar penyedap dengan aroma yang kuat, bawang putih ternyata juga memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Bawang putih sebenarnya sudah digunakan sejak zaman sejarah kuno di Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi, dan Cina. Alih-alih sebagai bumbu makanan, kegunaan utama bawang putih adalah sebagai obat.

Khasiat bawang putih ini datang dari senyawa sulfur yang muncul saat bawang putih dicincang, dihancurkan atau dikunyah. Senyawa ini masuk ke dalam tubuh dari saluran pencernaan dan memberikan efek biologis yang kuat.

Berdasarkan data dari Health Line, setiap satu ons bawang putih mengandung mangan sebesar 23 persen dari angka kecukupan gizi (AKG), vitamin B6 17 persen dari AKG, vitamin C 15 persen dari AKG, selenium 6 persen dari AKG, dan serat 0,6 gram.Selain itu, bawang putih juga mengandung kalsium, tembaga, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1.

Nutrisi yang tinggi dari bawang putih ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat kesehatan dari bawang putih.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Bawang putih dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi berbagai jenis  penyakit. 

Penelitian menunjukkan mengonsumsi suplemen bawang putih dapat mengurangi pilek hingga 63 persen. Studi lain juga menemukan bawang putih dapat mengurangi jumlah hari sakit pilek atau flu sebesar 61 persen.

2. Mengurangi tekanan darah
Studi menunjukkan konsumsi bawang putih juga memiliki efek signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita darah tinggi. Ekstrak bawang putih juga memiliki efektivitas yang sama dengan obat atenolol untuk mengurangi tekanan darah selam 24 minggu. 

Jumlah yang dibutuhkan untuk mengurangi tekanan darah ini setara dengan empat siung bawang putih setiap hari.

3. Mengurangi kolesterol
Bawang putih juga ampuh menurunkan kolesterol jahat sekitar 10-15 persen. Penelitian menemukan bawang putih dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat atau LDL tapi tidak mempengaruhi kolesterol baik atau HDL.

Hal ini membuat bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah Alzheimer
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas penyebab penuaan. Bawang putih terbukti dapat mengurangi stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.

5. Mendetoks tubuh
Senyawa sulfur dalam bawang putih terbukti melindungi organ tubuh dari kerusakan dan keracunan logam berat.  Studi mendapati bawang putih bisa mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19 persen. 

Hal ini dapat mengurangi sakit kepala dan tekanan darah tinggi.  (suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Hari Pertama PPDB SMPN 1 Binjai di Padati Warga

Binjai, SB Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hari pertama di SMPN 1, Jalan Sultan Hasanuddin, Kec. Binjai Kota, dipadati warga, Selasa (2/7/2019).

15 Teknik Mengajar Guru Masa Kini

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang menuntut pembaharuan di setiap harinya. Pembaharuan tersebut tak hanya berdasarkan instrument dalam pengajaran, namun dituntut untuk cerdas...

Guru Swasta di Binjai Belum Terima Dana Sertifikasi 3 Triwulan

Binjai, SB Guru guru sekolah swasta yang ada di kota Binjai hingga sekarang belum juga menerima dana sertifikasi selama 3 triwulan yang seharusnya...

Bermuasal Tanah 1,5 Hektare, ST Sewa Pembunuh Bayaran untuk Habisi Keluarga Pensiunan Polisi

Suarabinjai,-- Polda Sumut bersama Polres Dairi berhasil mengamankan 7 orang yang diduga pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap satu keluarga di Kelurahan Tiga Lingga, Kabupaten...

Undangan ke Medan, Sekeluarga Tewas dalam Kecelakaan Bus Sempati Star vs Xenia, 9 Orang Korban

Suarabinjai, - Bus Sempati Star bernomor polisi BL 776 AA terlibat tabrakan dengan minibus Daihatsu Xenia BK 1085 ZS. Kecelakaan itu...