Anggota DPR RI Minta Kementrian Tetapkan Besilam Jadi Wisata Religi Tingkat Nasional

0
409


Langkat, SB
Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, yang ditugaskan di Komisi X, yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Badan Perpustakaan Nasional, menggelar kegiatan Program BISA (Bersih Indah Sehat Aman) di Desa Besilam, Kabupaten Langkat, Jumat (16/10) kemarin.


Ditunjuknya Besilam dalam kegiatan itu, menurut Djohar, sebab Desa tersebut merupakan sebuah Perkampungan Suluk yang juga merupakan destinasi wisata religi.


“Besilam merupakan kampung Suluk. Kita juga tahu bahwa begitu banyak orang yang datang untuk berguru, bersuluk, ziarah ke Besilam ini. Luar biasa banyaknya, sepanjang hari, sepanjang pekan, sepanjang bulan dan sepanjang tahun. Bahkan di perhitungankan bisa mencapai 100 ribu orang pertahunnya Kampung Besilam ini dikunjungi oleh masyarakat. Apalagi puncaknya pada Haul Tuan Guru yang di selenggarakan setiap tahun,” ungkap Djohar Arifin, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (18/10).


Oleh karena itu, lanjut Djohar yang juga Putra berdarah Melayu ini, saya  menggandeng Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif, untuk mendorong dan menetapkan Besilam menjadi daerah tujuan wisata religius Tingkat Nasional.


“Alhamdulillah…Akhirnya saya mengundang Menteri yang di wakili oleh Deputi Menteri dan Direktur di Kementerian, untuk hadir di Besilam dan menyiapkan kegiatan tersebut guna menopang Program Besilam sebagai Destinasi religius Tingkat Nasional,” urainya.


Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI ini menambahkan, dengan digelarnya Program BISA di Desa Besilam, Tuan Guru Syekh Dr H Zikmal Fuad, juga menyambut baik dan menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kementerian atas Prakarsa itu, sehingga bisa dilaksanakan dalam satu kegiatan.


“Semoga Besilam bisa menjadi daerah wisata Nasional. Untuk itu, kita berharap kepada masyarakat agar bersih segala galanya, khususnya rumah dan pekarangan rumah kita. Tujuannya agar para wisatawan yang datang merasa aman sehingga kedepannya dapat ditularkan ke daerah daerah lainnya,” harap Djohar Arifin.


Pada kesempatan itu, Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin, juga menyerahkan 100 Kaleng Cat, untuk mengecat atap Madrasah atau Rumah Suluk di Desa Besilam Babusalam. Ia juga menegaskan, Program BISA juga salah satu upaya penanggulangan Penyebaran Covid-19 di lokasi wisata.


“Warnanya sesuai yang diinginkan Tuan Guru. InsyaAllah pada acara Haul Tuan Guru yang jatuh pada tanggal 5 Januari 2021 nanti, Rumah Suluk Masjid sudah mempunyai warna baru,” ujar Djohar seraya mengucap terima kasih dan semoga bantuan tersebut menjadi amal ibadah kita semua.


Alat alat kebersihan seperti Sapu Lidi, Sapu Lantai, Kain Pel, Ember Air, Handsanitizer serta perlengkapan kebersihan lainnya, menjadi pembuka dari terselenggaranya Program BISA di Desa Besilam.


Diketahui, Bupati Langkat Terbit Rencana PA, melalui Wakil Bupati H Syah Afandin, membuka Sosialisasi Bersih Indah Sehat Aman (BISA) yang diselenggarakan di Negeri Bertuah, tepatnya di Perkampungan Tariqat Babussalam, Desa Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Jumat (16/10).
Dalam kegiatan itu, H Syah Afandin mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi kepada Djohar Arifin Husin, yang telah memilih Langkat sebagai daerah diselenggarakan BISA.


Ia menyakini, kegiatan ini bisa semakin mendongkrak wisatawan untuk datang ke Besilam, yang merupakan salah satu Desa Religius di Kabupaten Langkat, serta dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Langkat.


“Langkat kaya akan Potensi Wisata, baik wisata alam, budaya, sejarah dan religi. Sedangkan kawasan Besilam Babussalam ini merupakan objek wisata religi bersama Mesjid Azizi Tanjung Pura yang menjadi kebanggaan Kabupaten Langkat,” ucap H Syah Afandin.


Atas terselenggaranya BISA, sambung Wakil Bupati Langkat yang akrab disapa Ondim ini, Pemkab Langkat sangat mendukung sesuai Visi Misi Bupati Langkat, yaitu untuk menjadikan Kabupaten Langkat yang maju dan religius melalui Pengembangan wisata religi.


Senada, Tuan Guru Besilam Syekh Dr H Zikmal Fuad, juga mengucapkan terimakasih kepada Legislator ini. Menurutnya, Program ini dapat meningkatkan ketaqwaan para Santri dan juga peziarah.


“Dengan adanya Program BISA ini, semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua,” ucap Tuan Guru Besilam, sembari diaminkan oleh tamu undangan.


Turut hadir dalam kegiatan itu, Direktorat Destinasi Regional l Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Oni Yulfian, Kadis Pariwisata Langkat, Hj Nur Ely Heriani Rambe, Kapolsek Padang Tualang, AKP Tarmizi Lubis, Camat Padang Tualang, Ramlan Efendi, serta Kepala Puskesmas Tanjung Selamat, Jamila. (Dea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here