Animo ASN Pemko Binjai Rendah Ikuti Sosialisasi Netralitas

0
14

Binjai, SB

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Binjai menggelar sosialisasi pengawasan pemilu terkait netralitas Apratur Sipil Negara (ASN) di aula Al-Jauhariyah komplek Adela jalan MT Hariono kecamatan Binjai Utara, yang dilakukan selama 2 hari Kamis dan Jumat (15-16/10/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut ketua Bawaslu kota Binjai Arie Nurwanto dan jajaran, Asisten KASN pengawasan bidang penerapan Nilai Dasar dan Netralitas ASN, Drs Pangihutan Marpaung MM dan ketua Bawaslu Provinsi Sumut, Safrida R Rasahan sebagai narasumber serta ASN di jajaran Pemko Binjai sebagai peserta.

Ketua Bawaslu Sumut Safrida R Rasahan saat diwawancara awak media mengatakan Bawaslu mempunyai fungsi pencegahan dengan cara membuat surat himbauan dan mengingatkan melalui Gubernur Sumut untuk mengikstrusikan kepada kepala daerah untuk tidak melibatkan ASN berkampanye ataupun kegiatan politik.

“Hal itu tertuang dalam undang undang 10 tahun 2016 tentang netralitas ASN agar tidak terlibat dalam kampanye ataupun berpolitik dan juga dengan adanya perjanjian kerjasama antara Menpan RB dan Bawaslu bahwa Bawaslu dapat melakukan penindakan dalam bentuk penanganan pelanggaran netralitas ASN dengan cara meneruskan kepada komisi ASN untuk ditindaklanjuti”, ujar Safrida.

Safrida juga mengataka, apabila terbukti ada  yang melanggar sesuai ketentuan pasal 71, maka ada ancaman pidana bagi ASN yang terlibat dalam kegiatan politik tersebut.

Sementara itu ketua Bawaslu kota Binjai Arie Nurwanto ketika ditanya tentang rendahnya animo ASN Pemko Binjai untuk mengikuti acara sosialisasi itu mengatakan, pihak telah mengundang sebanyak 100 orang ASN yang dibagi selama 2 hari namun tidak mendapat respon yang baik dan akan dilaporkan kepada Wali kota Binjai.

“kita sudah mengundang ASN untuk hadir namun animonya kurang terbukti dengan yang hadir hanya beberapa eselon III dan hal ini akan kita laporkan kepada Wali kota”, ucapnya.

Dan ketika ditanya apakah ada yang dilaporkan tentang netralitas ASN, Arie menjawab ada 4 ASN yang dilaporkan yaitu Amir Hamzah yang sudah selesai dengan pengunduran diri, Plt Kadis Sosial, Camat Binjai Barat dan Kadis kesehatan yang mana Kadis Kesehatan yang belum ada putusannya hingga saat ini. (Dea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here