Home LAINNYA PENDIDIKAN Bunga Bangkai Kembali Mekar di Kebun Raya Cibodas

Bunga Bangkai Kembali Mekar di Kebun Raya Cibodas

-

Suarabinjai, — Bunga bangkai Amorphophallus titanum Becc kembali mekar di Kebun Raya Cibodas pada Snein (4/3) dini hari. Bunga yang mekar merupakan salah satu dari 11 spesimen bunga bangkai yang dikoleksi Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas.

Kuncup bunga pertama muncul pada akhir Januari lalu. Pantauan terakhir menunjukkan tinggi bunga telah mencapai 281 cm dengan lebar spata mencapai 124,4 centimeter.

Peneliti bunga bangkai di balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas, Destri mengatakan jika sepuluh individu bunga bangkai berasal dari biji pohon induk. Sementara satu individu diperoleh dari hasil eksplorasi di Sungai Manau, Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat, Sumatera Barat.

Menurut Destri, bunga bangkai membutuhkan waktu relatif lama untuk satu kali pembungaan. Setidaknya butuh waktu hingga empat tahun untuk sekali pembungaan.

Dalam sekali pembungaan, bunga bangkai melewati tiga fase siklus hidup yang terdiri dari fase vegetatif atau daun, fase dorman (istirahat), dan fase generatif (berbunga).

Amorphophallus titanum memerlukan penyerbukan silang untuk membentuk biji, karena saat masak bunga betina dan jantan tidak sama, sedangkan bunga betina dan bunga jantan masak atau siap melakukan penyerbukan hanya dalam satu malam,” jelas Destri dalam keterangan resmi.

Menurutnya, bunga bangkai jarang berbunga dan semakin jarang ditemukan di alam. “Jarangnya bunga ini menyebabkan kesempatan melakukan penyerbukan juga semakin kecil,” imbuhnya.

Untuk itu, ia mengatakan demi menjaga kelestarian bunga bangkai maka proses pembibitan massal dan cepat butuh campur tangan manusia. Misalnya pada proses kultur jaringan dan diikuti reintroduksi di alam.

Berdasarkan klasifikasi International Union for Conservation of Nature (IUCN), Amorphophallus titanum masuk dalam kategori tumbuhan langka dan keberadaannya dilindungi Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

BERITA KESEHATAN – KIAT PUASA BAGI Penderita Diabetes, Simak juga Faktor Risiko Hipoglikemia

Suarabinjai, - BERITA KESEHATAN - KIAT PUASA BAGI Penderita Diabetes, Simak juga Faktor Risiko Hipoglikemia. Puasa Ramadan adalah suatu kewajiban bagi umat Muslim dengan beberapa pengecualian,...

Gubernur Edy Perintahkan Sekda Pantau Kondisi Kelistrikan agar Tak Lagi Ada Pemadaman di Ramadhan

Suarabinjai,--Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan terus memonitor pemulihan ketersediaan listrik di Sumut pada bulan Ramadan. Hal tersebut dilakuka dikarenakan...

DETIK-DETIK VIDEO NAPI NGAMUK, Terungkap Kronologi Pengguna Sabu di Blok Wanita dan Tahanan Kabur

https://www.youtube.com/watch?v=2BjbHq1DUsE Suarabinjai--Sejumlah tahanan dikabarkan melarikan diri pasca terjadi kerusuhan hingga pembakaran di Rutan Siak, sebagian tahanan sudah...

Hati-hati OTK Pemecah Kaca Belasan Mobil di Binjai Berkeliaran! Polisi Buka CCTV dan Memburunya

Suarabinjai, - Warga Kota Binjai resah dengan aksi kriminal Orang Tak Dikenal (OTK) yang memecahkan sejumlah kaca mobil pengguna jalan.

PLN Jamin Tidak Ada Lagi Pemadaman Listrik saat Ramadan di Medan dan Sekitarnya

Suarabinjai,--Setelah padam pada Kamis (9/5/2019) dini hari atau saat-saat warga muslim bersiap-siap untuk sahur, kini listrik kembali padam pada Kamis malam sekitar...