Ini Fakta Ratusan Kayu Gelondongan Terbawa Banjir di Langkat

0
37

Langkat –

Banjir bandang yang melanda kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat pada Rabu dini hari kemarin juga membawa serta ratusan batang kayu gelondongan. Hal ini mengingatkan kita pada banjir bandang yang melanda kecamatan bahorok pada 2003 silam.


Dua kawasan wisata di bahorok yakni landak river dan salang pangeran yang dulunya asri dan bersih kini porak poranda dan kotor. Sampah batang dan ranting pohon yang terbawa arus banjir berserakan di sepanjang aliran sungai.


Ratusan batang pohon besar juga terlihat sepanjang lima kilometer dari objek wisata landak river di desa timbang lawan hingga objek wisata salang pangeran di desa sampe raya. 
Awalnya ratusan balok kayu ini diduga merupakan hasil penebangan liar atau ilegal loging di hulu sungai landak. namun hal ini dibantah warga dan muspika kecamatan bahorok.


Menurut salah seorang warga, Dedi, ratusan batang kayu tersebut merupakan pohon kayu yang terbawa longsor saat banjir bandang terjadi. ” kalau dia hasil ilegal loging bentuknya sudah terpotong potong, inikah terbawa banjir beserta akar akarnya’ ujar dedi. menurutnya di hulu sungai landak yang berada di kawasan taman nasional gunung leuser terjadi longsor sehingga banyak pohon yang tercabut dan terseret arus.


Hal tersebut juga dibenarkan oleh camat kecamatan Bahorok, Dameka putra singarimbun. Menurutnya, kayu kayu yang terbawa arus saat banjir bandang kemarin merupakan pohon kayu yang longsor.

“Memangs etelah kita cermati kayu kayu tersebut murni terbawa longsor dan bukan hasil penebangan liar” ujarnya.

HUjan lebatyang etrjadi selama beberapa hari terakhir di kecamatan Bahorok diduga menjadi sebab terjadinya longsor di hulu sungai landak yang menyebabkan banjir bandang.


Banyaknya batang kayu yang terbawa banjir bandang ini langsung dimanfaatkan warga sekitar.Warga mengumpulkan kayu kayu tersebut dan memotong motongnya menggunakan chainsaw agar dapat digunakan sebagai bahan pembuat perabotan rumah tangga seperti meja dan jendela. (Dea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here