Keberadaan PLTU Pangkalan Susu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

0
51

Langkat, SB

PT Indonesia Power (IP) Selaku anak Perusaan Listrik Negara dari (PLN) Pembakitan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumatera Utara ll, berlokasi di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, sebagai pengelola unit 1-2 dengan Kapasitas 2X200 MW Sembagut.

Banyak meluncurkan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi masyarakat dan membagikan perekonomian serta mengurangi ratusan pengangguran warga Pangkalan Susu.

Sekretaris Umum Forum Masyarakat Pangkalan Susu (Formapsu) H Siad Ruly Arianza kepada awak media, mengatakan, dengan adanya PLTU di daerah kami sekarang perekonomian masyarakat sekitar sudah sudah jauh lebih bagus, bahkan ratusan pengangguran sudah berkurang, juga bermanfaat secara langsung buat masyarakat sekitarnya seperti jalan menuju PLTU yang dulunya berupa sertu yang dikeraskan sekarang jalan sangat mulus sampai ke lokasi PLTU dimana dengan adanya akses jalan yang memadai akan meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Karena akses jalan sudah bagus maka tidak ada kesulitan buat petani dan nelayan untuk mengangkut hasil panennya, hasil panen yang mudah diangkut memudahkan nelayan dan petani untuk menjual hasil panen dengan harga yang bersaing di pasaran,” ucapnya Sekum Formapsu.

Selain itu, katanya, keberadaan PLTU dimana operatornya ditunjuk pemerintah adalah PT Indonesia Power yang merupakan anak perusahaan dari PLN merupakan operator yang sudah teruji, kemampuan PT IP dalam mengelola PLTU hampir di seluruh Indonesia.

“Dalam mengoperasikan PLTU juga ikut bersama pemerintah membina masyarakat sekitar baik melalui bantuan kebijakan juga melaksanakan program pemerintah melalui CSR,” ucapnya.

Seperti yang kita lihat sepanjang tahun 2020 PT Indonesia Power sudah membantu masyarakat dalam bentuk kelompok-kelompok, seperti di Desa Tanjung pasir berupa mesin jahit untuk ibu-ibu, di Kelurahan Beras Basah bantuan bibit kepiting Asoka beserta keranjangnya, bibit udang, beserta bantuan untuk dhuafa, sementara di Kelurahan Bukit Jengkol, aktif di prokes kesehatan dalam rangka bagi-bagi masker juga bantuan untuk tempat ibadah serta kegiatan-kegiatan beberapa organisasi masyarakat di pangkalan susu dan sekitarnya serta banyak lagi lainnya.

Dari semua itu yang paling penting dengan adanya PLTU di pangkalan susu, sudah banyak membantu mengurangi pengangguran, sudah ratusan pekerja yang berdomisili di Pangkalan Susu dan sekitarnya bisa berkerja di PLTU untuk menafkahi keluarganya.

“Apalagi pada saat perbaikan besar atau servis di PLTU bisa ribuan orang bekerja walau tak lama sehingga kerawanan Kamtibmas bisa berkurang untuk itu semua atas kinerja IP.
Serta tidak terlepas dari sokongan pemerintah serta bantuan yang diberikan oleh IP, atas nama Forum Masyarakat Pangkalan Susu (Formapsu) kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya semoga Indonesia Powerdan PEMKAB Langkat bersama Formapsu bisa menjadi garda terdepan membina masyarakat Pangkalan Susu dan sekitarnya, terutama meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelas Sekum Formapsu. (Dea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here