Beranda LIFESTYLE SELEBRITY Kisah Cinta Ustaz Abdul Somad dan Mellya Juniarti, Nikah Tanpa Pacaran, Pisah...

Kisah Cinta Ustaz Abdul Somad dan Mellya Juniarti, Nikah Tanpa Pacaran, Pisah Ranjang 2016 dan Cerai

-

Suarabinjai,–Perceraian Ustaz Abdul Somad atau biasa disapa UAS dengan istrinya, Mellya Juniarti, masih menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

Banyak yang terkejut mendengar biduk rumah tangga Ustaz Abdul Somad dan Mellya Juniarti berakhir dengan talak 3 alias cerai.

Perceraian Ustaz Abdul Somad dengan Mellya Juniarti diputuskan Pengadilan Agama Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, pada Selasa, 3 Desember 2019.

Memang tak banyak informasi tentang Mellya Juniarti. Namun, UAS pernah mengungkap tentang istrinya yang kini diceraikannya itu.

Dikutip dari pemberitaan BangkaPos pada 31 Januari 2018, UAS awalnya membeberkan cerita pertemuannya dengan Mellya Juniarti. Hal itu disampaikan UAS saat mengisi sebuah pengajian.

UAS bercerita tentang istrinya lantaran menjawab pertanyaan seorang jamaah. “Pak ustaz ini asal usulnya dari mana?” demikian bunyi pertanyaan salah satu jamaah pengajian itu.

“Saya campuran antara Melayu Deli dan Melayu Palalawan. Saya ini asli melayu,” jawab Ustaz Abdul Somad.

Saat membaca pertanyaan lanjutan jamaah tersebut, Ustaz Abdul Somad tampak kaget. “Nama istri ustaz siapa?” ucap Ustaz Abdul Somad membacakan pertanyaan.

“Ooh, kenapa pula saya ditanya nama bini,” celotehnya. Ustaz Abdul Somad kemudian melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya tanpa mengungkap nama sosok istrinya itu.

Sebenarnya, UAS dalam beberapa kali kesempatan sempat mengungkapkan tentang sisi romantisme-nya.

Ustaz Abdul Somad mengaku termasuk pria yang terlambat menikah. Ia mulai membangun biduk rumah tangga saat menginjak usia 31 tahun.

UAS menikah pada 2008 lalu. Sosok istrinya digambarkan sebagai wanita yang taat.

Sang istri memangil UAS dengan sebutan Abang sementara ia memanggil istrinya dengan panggilan ‘Adinda’.

Sebelum menikah, UAS dan istrinya, Mellya Juniarti, tak saling kenal. Bukan hal aneh, sebab UAS mengaku selama sekolah tak pernah dekat dengan perempuan, apalagi pacaran.

“Waktu sekolah di Mesir jarak antara asrama pria dan wanita 15 kilometer,” katanya.

Ustaz Abdul Somad baru mendapatkan jodoh secara tak sengaja.

Suatu waktu Ustaz Abdul Somad ceramah di masjid. Imam Masjid menanyakan apakah Ustaz Abdul Somad sudah menikah atau belum.

Setelah mengatahui UAS belum menikah, imam tersebut kemudian menawarkan diri untuk menjadi ‘mak comblang’.

Ustaz Abdul Somad menerima tawaran baik itu. Tapi dengan syarat. “Boleh, tapi kasih ketemu dulu dengan ibu saya,” kata Ustaz Abdul Somad ke imam tersebut.

Sosok wanita itu adalah Mellya Juniarti. Singkat kata, UAS dan Mellya Juniarti berjodoh.

UAS pun mengajukan dua syarat sebelum menikahi Mellya Juniarti. “Syarat pertama itu restu ibu,” ungkap UAS.

Sebelum meminang, UAS mengejutkan calon istrinya itu dengan menyebutnya akan jadi wanita kedua. “Sudikah kamu menikah denganku, nanti kau jadi yang kedua, emakku kan yang pertama,” demikian kata-kata Ustaz Abdul Somad.

Syarat kedua, UAS menyebut jika kelak jadi istrinya ia harus siap sering ditinggal.

“Dia mesti tahu saya adalah ustaz yang tidak memiliki jam kerja, tengah malam ada orang mau sakaratul maut dia panggil saya. Ada orang anaknya sakit, dia panggil saya. Sehingga jika dia buat jam kerja dia akan tersiksa. Alhamdulillah, dia menyanggupi semua itu dan akhirnya saya nikahi,” ungkapnya.

Ustaz Abdul Somad dan Mellya Juniarti akhirnya naik ke pelaminan pada 20 Oktober 2012. Keduanya dikaruniai seorang anak laki-laki.

Seiring perjalanan waktu, biduk rumah tangga Ustaz Abdul Somad dan Mellya Juniarti diterpa cekcok.

Dan, setelah 7 tahun membina rumah tangga, Abdul Somad dan Mellya Juniarti akhirnya bercerai. Tepatnya pada 3 Desember 2019.

Penasihat hukum UAS, Hasan Basri, melalui akun Instagram @sahabatuasofficial, mengungkapkan sejumlah pernyataan tentang biduk rumah tangga UAS dan Mellya Juniarti.

Hasan Basri menyebutkan, pemasalahan rumah tangga UAS sudah terjadi selama 4 tahun terakhir. Bahkan, UAS dan Mellya Juniarti juga telah pisah ranjang sejak Mei 2016.

Pada saat itu UAS belum menjadi pendakwah yang populer.

Sebagai kepala keluarga, berbagai usaha telah dilakukan oleh UAS untuk mempertahankan rumah tangganya, terutama dalam mendidik Mellya Juniarti. Namun usaha tersebut tidak membuahkan hasil.

Sebelum bercerai atau melakukan talak 3, UAS telah melakukan tahapan-tahapan sesuai ajaran Islam. Di antaranya nasihat, pisah ranjang, musyawarah, dan konsultasi keluarga.

Setelah itu UAS memberi talak 1 dan talak 2. Dan, akhirnya bercerai.

Perceraian, dikatakan oleh sang kuasa hukum UAS, merupakan jalan terakhir yang ditempuh UAS. Hal tersebut dikarenakan UAS tidak akan lebih menambah permasalahan yang berlarut-larut.

UAS juga mempertimbangkan akan timbul fitnah dan mudharat yang lebih besar di kemudian hari jika masalah rumah tangganya tidak diselesaikan.

Dikatakan oleh Hasan Basri, langkah perceraian tersebut sudah sesuai dengan kaidah fiqih atau ilmu syariat Islam.

Meskipun telah berpisah ranjang sejak 4 tahun lalu, UAS tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang ayah. UAS tetap memberikan nafkah bulanan dan fasilitas untuk Mellya Juniarti dan sang buah hati pasangan tersebut.

UAS selalu menyediakan waktu secara khusus dalam kesibukan dakwahnya untuk sang anak. Di antaranya menemani bermain dan jalan-jalan, layaknya orang tua yang selalu menyayangi dan mendidik anaknya.

Sebagai warga negara yang baik, UAS mengajukan secara resmi permohonan cerai talak ke Pengadilan Agama Bangkinang. Perceraian tersebut terdaftar dengan nomor perkara 604/pdtg/2019/papbkn.

Pada 12 Juli 2019 permohonan perceraian telah diputuskan oleh majelis hakim pada tahap proses persidangan ke sebelas, yaitu pada Selasa, 3 Desember 2019.

Humas Pengadilan Agama Bangkinang, Muliyas S.Ag menuturkan permohonan cerai talak UAS terdaftar di Pengadilan Agama Bangkinang sejak 12 Juli 2019. Perkara perceraian ustaz kondang ini teregistrasi dengan nomor perkara 604/Pdt.G/2019/PA.Bkn.

Setelah 11 kali proses sidang, termasuk mediasi, akhirnya majelis hakim PA Bangkinang mengabulkan permohonan cerai yang diajukan UAS.

“Saat putusan dibacakan hakim kemarin hanya dihadiri kuasa hukum pemohon,” kata Humas Pengadilan Agama Bangkinang, Muliyas S.Ag, Rabu (4/12/2019).

Muliyas menuturkan terkait kasus perceraian ini para pihak masih punya waktu 14 hari untuk berpikir menerima putusan atau melakukan upaya hukum lainnya.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Cepat Redam Rusuh Rutan Kabanjahe, TJI Apresiasi Kapoldasu

Jakarta, SB Direktur The Jakarta Institute Reza Fahlevi mengapresiasi penanganan cepat dan tepat Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani...

Mantan Kapolres Binjai Serah Terima Jabatan Menjadi Kapolres Jepara Di Mapolda Jawa Tengah

Jepara, SB Mantan Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto SH, SIK, MH, Serah Terima Jabatan...

Bawa 50 Gram Diduga Sabu Ham di Tembak Polisi

Binjai, SB Satresnarkoba Polres Binjai berhasil mengamankan dua tersangka kurir narkotika di jalan Soekarno Hatta kelurahan Tunggurono kecamatan Binjai...

KPU RI Kunjungi Binjai, Evi : Binjai Siap Terapkan e-Rekap di Pilkada 2020

Binjai, SB Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menyebut Kota Binjai merupakan salah satu...

Raih Medali di Kejurnas Bandung, Kapolres Binjai Beri Apresiasi Kepada Atlit Porkemi

Binjai, SB Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto memberikan apresiasi kepada para atlit Porkemi Binjai yang berhasil meraih medali...