Home LIFESTYLE KESEHATAN Konsumsi Buah Kurma, Ada Banyak Manfaat Serat dan Kalium di Dalamnya

Konsumsi Buah Kurma, Ada Banyak Manfaat Serat dan Kalium di Dalamnya

-

Suarabinjai, — Kurma termasuk buah musiman yang banyak ditemui ketika memasuki bulan ramadan.

Buah yang warna kulitnya cokelat pekat ini ternyata memiliki banyak manfaat buat tubuh walaupun ukurannya hanya sebesar ibu jari.

Spesialis Gizi Klinis, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK menyebutkan yang pertama kurma merupakan buah yang kaya serat.

Kemudian kurma juga tinggi kalium yang dapat menggantikan kalium yang keluar dari tubuh saat berkeringat.

“Jadi biasanya orang orang yang puasa apalagi dia olahraga sebelumnya waktu dia keringetan kalium juga keluar jadi kalium bisa dibantu pulih lagi,” ungkap dr. Juwalita saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Kemudian kalium pada kurma juga mampu mengontrol tekanan darah untuk mereka yang memiliki darah tinggi.

Orang yang mengidap darah tinggi kata dr. Juwita sebaiknya menperbanyak konsumsi kalium dan mengurangi konsumsi natrium atau garam.

“Kalau kita makan kurma kalium yang dia punya berfungsi juga mengontrol tekanan darah jadi yang tekanan darah tinggi harus batasi asupan garam. Natrium dibatasi kaliumnya harus ditinggin,” papar dr. Juwita.

Kemudian kalium pada kurma juga dapat membantu hormon insulin bekerja mengubah glukosa menjadi energi pada tubuh.

“Kalium ada dibuah ada di sayur tapi khusus kurma dia memang tinggi kalium dan kalium bisa bantu hormon insulin tadi kan insulin itu hormon kerjanya di sel reseptor. Supaya dia bisa kerja nah kalium bantu nempelnya insulin ke reseptor supaya bisa kerja bagus,” ungkap dr. Juwita.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Bermuasal Tanah 1,5 Hektare, ST Sewa Pembunuh Bayaran untuk Habisi Keluarga Pensiunan Polisi

Suarabinjai,-- Polda Sumut bersama Polres Dairi berhasil mengamankan 7 orang yang diduga pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap satu keluarga di Kelurahan Tiga Lingga, Kabupaten...

Undangan ke Medan, Sekeluarga Tewas dalam Kecelakaan Bus Sempati Star vs Xenia, 9 Orang Korban

Suarabinjai, - Bus Sempati Star bernomor polisi BL 776 AA terlibat tabrakan dengan minibus Daihatsu Xenia BK 1085 ZS. Kecelakaan itu...

Polisi Bripka Agus Dikeroyok 2 Orang Ngaku Anggota Ormas, Gigi Depan Bagian Atas Sampai Copot

Suarabinjai,-- Dua anggota ormas mengeroyok seorang anggota SPKT Polresta Denpasar, Bripka Made Agus Darmayana (40), di tempat biliar Queen Jalan Gunung Andakasa, Denpasar, Minggu...

Menurut Kontras, Polri Lebih Pentingkan Empat Pejabat Negara Daripada Korban Tewas 21-22 Mei

SUARABINJAI.COM- Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengkritik cara penanganan kerusuhan 21 dan 22 Mei di Jakarta.

Walikota Binjai H.M Idaham Di Periksa Polda Sumut

suarabinjai.com- Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut memeriksa Wali Kota Binjai HM Idaham terkait dana hibah Komite Nasional Pemuda Indonesia...