Home LIFESTYLE KESEHATAN Menangis Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasan Ahli

Menangis Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasan Ahli

-

Suarabinjai, – Menangis merupakan respon natural yang dikeluarkan seseorang saat merasakan sakit, tekanan, kesedihan, atau juga kebahagiaan.

Selama ini kita menganggap menangis sebagai satu hal yang memalukan, karenanya kita berusaha untuk menahan diri untuk mengeluarkan air mata.

Padahal, siapa sangka bahwa menangis juga memiliki banyak manfaat, lho! Salah satunya menurunkan berat badan.

Anda mungkin kurang mempercayainya, tapi itulah yang diungkapkan peneliti dr. Aaron Neufeld dari Grup Ortometry Los Altos.

Melansir Asiaone, dr. Aaron menyebutkan bahwa ada tiga tipe air mata, yakni yang disebut airmata Basal, Reflex dan Psikis.

Air mata basal dikatakan sebagai air mata biasa, yang berguna untuk melembabkan mata. Air mata refleks atau air mata iritasi, yang disebabkan oleh tekanan alamiah, seperti debu maupun asap.

Sementara air mata psikis, itulah yang dikeluarkan oleh manusia yang melibatkan perasaan dan emosi.

Dan sebuah penelitian menunjukkan bahwa menangis bisa membantu mengurangi berat badan. Kok bisa?

Ini karena air mata terhubung pada hormon yang mengandung kortisol dalam level tinggi, yang bisa melepaskan stres.

Faktanya, seorang ahli biokimia bernama William Frey bahkan menemukan bahwa air mata juga mampu menghilangkan banyak jenis zat beracun dari tubuh. Dan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menangis adalah proses ekskretoris yang menghilangkan zat-zat tersebut yang menumpuk selama masa tekanan emosional.

Menanggapi ini, tubuh kita tidak mungkin menyimpan lebih banyak lemak karena Anda sudah melepaskan hormon stres melalui menangis.

Para ilmuwan juga menyarankan waktu yang tepat untuk menangis adalah antara pukul 7.00-10.00 malam.

Oleh karena itu, jangan pernah menahan air mata Anda, karena itu sangat baik jika dikeluarkan.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Hari Pertama PPDB SMPN 1 Binjai di Padati Warga

Binjai, SB Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hari pertama di SMPN 1, Jalan Sultan Hasanuddin, Kec. Binjai Kota, dipadati warga, Selasa (2/7/2019).

15 Teknik Mengajar Guru Masa Kini

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang menuntut pembaharuan di setiap harinya. Pembaharuan tersebut tak hanya berdasarkan instrument dalam pengajaran, namun dituntut untuk cerdas...

Guru Swasta di Binjai Belum Terima Dana Sertifikasi 3 Triwulan

Binjai, SB Guru guru sekolah swasta yang ada di kota Binjai hingga sekarang belum juga menerima dana sertifikasi selama 3 triwulan yang seharusnya...

Bermuasal Tanah 1,5 Hektare, ST Sewa Pembunuh Bayaran untuk Habisi Keluarga Pensiunan Polisi

Suarabinjai,-- Polda Sumut bersama Polres Dairi berhasil mengamankan 7 orang yang diduga pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap satu keluarga di Kelurahan Tiga Lingga, Kabupaten...

Undangan ke Medan, Sekeluarga Tewas dalam Kecelakaan Bus Sempati Star vs Xenia, 9 Orang Korban

Suarabinjai, - Bus Sempati Star bernomor polisi BL 776 AA terlibat tabrakan dengan minibus Daihatsu Xenia BK 1085 ZS. Kecelakaan itu...