Home LAINNYA PENDIDIKAN Naik 45%, Kuota Beasiswa Mahasiswa Miskin Ditingkatkan Jadi 130.000

Naik 45%, Kuota Beasiswa Mahasiswa Miskin Ditingkatkan Jadi 130.000

-

Suarabinjai,– Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) menambah kuota beasiswa pada tahun ini untuk mahasiswa yang kurang mampu sebesar 45%.

Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, untuk anak kurang mampu yang selama ini tidak memiliki kesempatan, pemerintah tambahkan kuota beasiswa sebesar 45 % lebih banyak dari tahun lalu.

Pada 2018, penerimaan beasiswa hanya 90.000 mahasiswa. Untuk tahun ini akan ditambahkan menjadi 130.000.

“Total anggaran yang kami keluarkan mencapai Rp5,2-Rp5,4 triliun khusus untuk beasiswa anak yang kurang mampu,” tutur Nasir, di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta, Kamis, (7/2/2019).

Adapun kouta beasiwa diberikan melalui program Bidikmisi dan afirmasi dan daerah terdepan, terluas, dan tertinggal (3T) serta daerah papua barat.

Kemudian, Nasir mengatakan pada 2019 ini peminat Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) meningkat sebesar 14,7% dibandingkan tahun lalu.

“Kami terima totalnya meningkat dari tahun sebelumnya, prosentasinya sebesar 14,7% dibandingkan tahun lalu. Saya tidak tahu angka persisnya berapa, kalau tidak salah sekitar 300.000-an menjadi 400.000 peserta,” imbuh Nasir.

Sejumlah faktor menjadi pemicu terhadap peningkatan peminat SNMPTN tersebut,seperti sistem yang dibangun lebih sederhana dan lebih terbuka, serta jaringan perbaiki dan terbaik dan kemudian yang kedua, meningkatkan kuota beasiswa terhadap anak miskin atau kurang mampu selama ini yang tidak memiliki kesempatan.

“kami akan membangun sistem yang dibangun lebih sederhana dan lebih terbuka, serta jaringan perbaiki dan terbaik, agar mereka nanti bisa mendapatkan kesempatan yang baik lagi,” tambahnya.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Hari Pertama PPDB SMPN 1 Binjai di Padati Warga

Binjai, SB Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hari pertama di SMPN 1, Jalan Sultan Hasanuddin, Kec. Binjai Kota, dipadati warga, Selasa (2/7/2019).

15 Teknik Mengajar Guru Masa Kini

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang menuntut pembaharuan di setiap harinya. Pembaharuan tersebut tak hanya berdasarkan instrument dalam pengajaran, namun dituntut untuk cerdas...

Guru Swasta di Binjai Belum Terima Dana Sertifikasi 3 Triwulan

Binjai, SB Guru guru sekolah swasta yang ada di kota Binjai hingga sekarang belum juga menerima dana sertifikasi selama 3 triwulan yang seharusnya...

Bermuasal Tanah 1,5 Hektare, ST Sewa Pembunuh Bayaran untuk Habisi Keluarga Pensiunan Polisi

Suarabinjai,-- Polda Sumut bersama Polres Dairi berhasil mengamankan 7 orang yang diduga pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap satu keluarga di Kelurahan Tiga Lingga, Kabupaten...

Undangan ke Medan, Sekeluarga Tewas dalam Kecelakaan Bus Sempati Star vs Xenia, 9 Orang Korban

Suarabinjai, - Bus Sempati Star bernomor polisi BL 776 AA terlibat tabrakan dengan minibus Daihatsu Xenia BK 1085 ZS. Kecelakaan itu...