Ops Patuh Toba 2020, Polres Langkat Prioritaskan Tindak Kendaraan Over Kapasitas

0
106

Suarabinjai–Kapolres Langkat, AKBP Edi Suranta Sinulingga memeriksa pasukan apel gelar Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Patuh Toba-2020.

Ops ini digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan bidang Keamanan, Keselamatan, Ketertiban Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di Wilayah hukum Polres Langkat di lapangan Jananuraga Mapolres Langkat, Kamis (23/7/2020).

Pasukan apel hadir dari unsur Pama Polres Langkat, Subden Pom I/5-3 Pangkalan Brandan, Kodim 0203 Langkat, Yon 8 Marinir Tangkahan Lagan, Yon A Sat Brimobda Sumut (Binjai), Satfung Polres Langkat, Dishub dan Satpol PP Pemkab Langkat.

Kapolres Langkat, AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan, pelaksanaan Operasi Patuh Toba secara serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Ops akan berlangsung selama 14 hari dari tanggal 23 Juli sampai dengan 5 Augustus mendatang.

“Sasaran dari operasi Patuh Toba ini terhadap segala bentuk pelanggaran yang dilakukan setiap pengendara kendaraan. Diprioritaskan terhadap pengendara yang melebihi kapasitas penumpang, kendaraan roda empat (mobil box) yang membawa penumpang, serta menerobos traffic light dan melawan arus lalu lintas,” jelasnya.

Kapolres menekankan kepada personel yang bertugas di lapangan agar lebih mengedepankan tindakan preprentif dan bersifat imbauan, atau penyuluhan terhadap para pengendara. Diharapkan pengguna lalu lintas dapat lebih patuh agar terciptanya lalu lintas yang Kamseltibcar di wilayah hukum Kabupaten Langkat.

Lebih lanjut, katanya, permasalahan bidang lalu lintas di Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Langkat telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini merupakan konsekuensi dari banyaknya jumlah kendaraan bermotor, dan jumlah penduduk yang tidak dibarengi dengan laju pembangunan atau infrastruktur jalan raya.

“Tujuan pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2020 antara lain, untuk tertibnya situasi lalu lintas yang aman tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan pelanggaran dan macet. Meningkatnya ketertiban dan kepatuhan hukum serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dan berkurangnya tempat penyebaran Covid-19,” pungkas Kapolres.

Kasat Lantas Polres Langkat AKP Ali Umar mengimbau kepada seluruh pemakai jalan agar mematuhi segala peraturan lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan dalam berlalu lintas. Ops ini demi menekan angka kecelakaan berlalu lintas.

“Diimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga dan menghindari penyebaran virus Corona, harus tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan dengan cara selalu mengenakan masker dan senantiasa menjaga jarak ditempat tertentu,” katanya.

(Suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here