Home BISNIS & EKONOMI Pembuat Lemang Ini Kebanjiran Order sejak Ramadan hingga Lebaran, Pesanan Capai 800...

Pembuat Lemang Ini Kebanjiran Order sejak Ramadan hingga Lebaran, Pesanan Capai 800 Batang Sehari

-

Suarabinjai,–Lemang memang pas sebagai peluang usaha yang menjanjikan rasa lemang yang cukup populer di tengah masyarakat menjadi peluang usaha lemang ini masih sangat terbuka.

Pasar usaha lemang memang bagus dan mudah diterima oleh masyarakat.

Selain itu mendapatkan bahan baku yang digunakan untuk membuat nasi lemang sangatlah mudah dan juga harganya sangat terjangkau untuk dipasarkan sebab nasi lemang merupakan makanan yang unik yang sangat cocok untuk dinikmatin oleh berbagai kalangan.

Penjual Lemang, Nazaruddin mengatakan selama Ramadan kemarin, pihaknya dipenuhi orderan. Jumlah pesanan lemang cukup banyak yakni sejumlah 800 batang.

“Orderan bagus, para pemesan berdatangan dari berbagai daerah dan juga para tetangga. Kita juga pernah dalam sehari menyelesaikan pesanan sebanyak 200 kilogram (kg) pulut kira-kira 800 batang,” ucap Nazaruddin di Jalan Beringin Pasar 7 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. 

Ia menjelaskan usaha lemangnya ini sudah ia lakoni sejak delapan tahun lalu dan ia merupakan generasi pertama dari orangtuanya yang terlebih dahulu merintis usaha ini.

“Sebenarnya dulu ayah saya merintis usaha ini bukan untuk usaha tapi membuat lemang untuk dikonsumsi sendiri tapi karena enak banyak yang pesan, saya pun diusia yang tidak muda lagi ini sulit mendapatkan pekerjaan saya inisiatif membuka usaha lemang ini,” katanya.

Diakuinya, usaha lemang ini bukan hanya ada di Bulan Ramadan atau menjelang lebaran tetapi lemang bercitarasa lemak nan gurih itu juga dapat ditemui setiap hari. Namun untuk produksinya tidak sebanyak saat menjelang lebaran.

Keistimewaan lemang buatan Nazarudin dengan brand atau dikenal lemang Medan Aji Kahlum ini memiliki perbedaan dengan lemang lainnya. Terletak pada proses pemasakan. Lemang miliknya ini dimasak dengan cara dibakar menggunakan kayu. Sedangkan kebanyakan lemang pada umumnya proses masaknya dipanggang.

“Kalau dibakar lebih tanak lemangnya, prosesnya sampai lima jam dibakar sampai berminyak dan benar-benar masak pulutnya di dalam bambunya,” ucapnya.

Untuk wadahnya yang menggunakan bambu ini juga diakuinya menggunakan bambu pilihan. Ia harus mendatangkan dari berbagai daerah antara lain Bangun Purba, Silindak, dan Telun Kenas.

Sebenarnya kalau diikuti permintaan pemesan bisa mencapai 400 sampai 500 kg pulut, tapi karena tenaga tidak mampu maka kami terima pesanan semampu kami saja,” ungkapnya.

Nazaruddin yang dibantu istri dan anaknya ini membuat lemang terbuat dari pulut asli, dan santan asli. Bambu yang sudah dibersihkan kemudian dilapisi daun pisang muda lalu diisi dengan pulut dan santan dengan takaran yang seimbang. Sehingga saat dibakar aroma lemang langsung menggugah selera. Tak jarang pula para pengguna jalan yang melintas berhenti untuk membeli meski sebatang atau dua batang lemang.

Untuk harga satu batang lemang ini dibanderol hanya Rp 30 ribu untuk ukuran besar, Rp 25 ribu untuk ukuran sedang.

Salah seorang penikmat lemang Medan Aji Kahlum ini, Said Siregar mengaku pelanggan tetap pak Nazaruddin. Cita rasanya yang gurih, lemak dan asli membuatnya memastikan bahwa lemang ini tidak ada duanya di Kota Medan.

“Ini lemangnya mantap, tak ada duanya ini, gurih, lemak, santannya terasa harganya pun murah,” ujarnya.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Bermuasal Tanah 1,5 Hektare, ST Sewa Pembunuh Bayaran untuk Habisi Keluarga Pensiunan Polisi

Suarabinjai,-- Polda Sumut bersama Polres Dairi berhasil mengamankan 7 orang yang diduga pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap satu keluarga di Kelurahan Tiga Lingga, Kabupaten...

Undangan ke Medan, Sekeluarga Tewas dalam Kecelakaan Bus Sempati Star vs Xenia, 9 Orang Korban

Suarabinjai, - Bus Sempati Star bernomor polisi BL 776 AA terlibat tabrakan dengan minibus Daihatsu Xenia BK 1085 ZS. Kecelakaan itu...

Polisi Bripka Agus Dikeroyok 2 Orang Ngaku Anggota Ormas, Gigi Depan Bagian Atas Sampai Copot

Suarabinjai,-- Dua anggota ormas mengeroyok seorang anggota SPKT Polresta Denpasar, Bripka Made Agus Darmayana (40), di tempat biliar Queen Jalan Gunung Andakasa, Denpasar, Minggu...

Menurut Kontras, Polri Lebih Pentingkan Empat Pejabat Negara Daripada Korban Tewas 21-22 Mei

SUARABINJAI.COM- Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengkritik cara penanganan kerusuhan 21 dan 22 Mei di Jakarta.

Walikota Binjai H.M Idaham Di Periksa Polda Sumut

suarabinjai.com- Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut memeriksa Wali Kota Binjai HM Idaham terkait dana hibah Komite Nasional Pemuda Indonesia...