Home LIFESTYLE Pesan Miliarder: Jangan Bekerja Demi Uang, Anda Tak Akan Bahagia

Pesan Miliarder: Jangan Bekerja Demi Uang, Anda Tak Akan Bahagia

-

Suarabinjai,– Miliarder dan CEO Apple Tim Cook memberikan beberapa saran bagi para anak muda agar tidak terobsesi hanya kepada uang saja.

“Saran saya kepada Anda semua, jangan bekerja demi uang karena ini akan membuat uang itu cepat habis hingga Anda tidak pernah merasa cukup dan tidak bahagia,” ujarnya seperti dikutip dari laman CNBC.

Tim Cook berpendapat, seseorang harus bisa mencari sesuatu yang membuat mereka begitu bersemangat. Jika tidak berhasil menemukan hal itu, maka orang tersebut tidak dapat bahagia seumur hidupnya.

Untuk itu, miliarder ini menyarankan agar pemuda bisa mencari pekerjaan yang disukainya dibanding harus mencari pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Karena dengan begitu mereka tidak akan berat menjalaninya meskipun tugas yang sedang ia kerjakan memang sungguh sulit.

Ternyata saran ini, sudah terlebih Cook terapkan dan hasilnya sungguh luar biasa. Ia mendapatkan gaji yang begitu baik dengan mengerjakan hal yang ia sukai.

Namun ternyata ada beberapa miliarder dunia yang menentang hal ini. Diantaranya, Warren Buffett dan Bill Gates. Mereka berdua berpendapat jika kesuksesan dapat diraih berkat tingkat penasarannya yang begitu tinggi dan hasrat ingin meraihnya.


Miliarder Warren Buffett Sebut Uang Bukan Sumber Kebahagiaan

CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet
CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet tidak memiliki smartphone.

Sebagai orang terkaya keempat di dunia, tentunya membuat banyak orang mengira jika uang banyak yang dimiliki Warren Buffett adalah sumber utama kebahagiaannya.

Namun, hal ini dibantah miliarder dengan total kekayaan bersih mencapai USD 90,1 miliar tersebut. Baginya kesuksesan keuangannya bukan jadi akar kebahagiannya.

Menurut dia, kebahagiaan baginya yaitu saat ia begitu menikmati pekerjaannya dan bekerja dengan orang-orang yang dicintainya.

“Saya tidak bisa membeli waktu, saya juga tidak bisa membeli cinta tetapi saya bisa melakukan hal lain dengan uang, cukup banyak. Dan mengapa saya tetap dapat bangun setiap hari dan melompat dari tempat tidur di usia 88 tahun saat ini? Itu karena saya mencintai apa yang saya lakukan dan mencintai orang-orang yang melakukannya dengan saya, ” ujar Buffett, seperti dilansir pada laman CNBC, Selasa  (7/5/2019).

Buffett mencontohkan kebahagiaan lainnya yang dirasakannya yaitu ketika berpergian untuk melakukan hal-hal mengasyikan seperti menonton pertandingan bisbol bersama dengan 25 karyawan di Berkshire. Hal inilah salah satunya membuat Buffett begitu bahagia dan seperti berlibur setiap harinya.

Sebelumnya, Buffett mengungkapkan jika uang sebanyak USD 1 juta atau Rp 14,3 miliar (Kurs USD 1 = Rp 14.325) tidak akan membuat seseorang bahagia. Karena uang hanya memberikan kebahagiaan yang semu baginya.

Baginya, rumahnya di Berkshire Hathaway merupakan istana kebahagiaan karena ia dapat bersenang-senang bersama keluarganya di rumah itu hingga Buffett meninjak usia 88 tahun.


Eric Yuan Berhasil Jadi Miliarder Berkat Pidato Bill Gates

Eric Yuan
Eric Yuan Berhasil Jadi Miliarder Berkat Pidato Bill Gates

CEO Zoom, Eric Yuan sebelum menjadi seorang miliarder yang mampu memiliki perusahaan software yang memiliki nilai seharga USD 16 miliar ini dulunya merupakan orang biasa.

Dilansir dari laman CNBC, Yuan dapat menjadi sukses seperti ini berkat mendengar pidato CEO Microsoft Bill Gates mengenai prospek Internet. Saat itu, ia masih berusia 20 tahun dan tengah bekerja di Jepang selama beberapa bulan. Sementara Bill Gates masih berusia sekitar 30 tahun saat memberikan pidato tersebut.

Setelah mendengarkan pidato Bill Gates, Yuan menyadari jika internet juga dapat menjadi masa depan yang baik bagi dirinya. Untuk itu, ia memutuskan pindah dari China ke AS untuk memulai perjalanan kariernya dalam industri teknologi.

Meskipun visa pertama Yuan sempat ditolak oleh AS, namun ini tidak membuatnya putus asa. Ia selalu mencoba selama dua tahun hingga akhirnya visa miliknya dapat lolos dipercobaan ke-sembilan kalinya.

Pada 1997, pria yang saat ini berusia 49 tahun berhasil tiba di AS. Mulanya, ia sama sekali tidak dapat berbahasa Inggris, namun ia tahu bagaimana cara menulis kode komputer hingga mendapatkan pekerjaan dari WebEx. Yuan menjadi salah satu dari ratusan karyawan yang dijual ke Cisco satu dekade kemudian.


Perjalanan Yuan jadi Miliarder

Eric Yuan
Eric Yuan Berhasil Jadi Miliarder Berkat Pidato Bill Gates

Berkat kemampuannya, Yuan berhasil menjadi wakil presiden Cisco dalam bidang teknik. Namun, Yuan memilih meninggalkan perusahaan ini pada 2011 untuk mendirikan perusahaannya sendiri, Zoom.

Delapan tahun yang lalu saat Yuan telah berhasil mendirikan perusahaan ini, ia hanya bisa melamun karena tak menyangka idenya telah dapat membuatnya berhasil.

Saat ini, Zoom telah memiliki pegawai hingga 1.300 orang di seluruh dunia dan keuntungan yang didapatkan perusahaan ini juga meningkat menjadi lebih dari USD 330 juta pada tahun lalu. Tidak hanya itu saja, berkat melakukan IPO saham perusahaan ini naik 80 persen.

Yuan juga memiliki 22 persen saham dalam perusahaan ini. Berdasarkan data perusahaan, nilai saham Yuan mencapai lebih dari USD 3,5 miliar.

Mayoritas Kekayaan Miliarder Dunia Berasal dari Kerja Keras

Ilustrasi miliarder (iStock)
Ilustrasi miliarder

Baru-baru ini Wealth-X, sebuah firma data mengeluarkan hasil studinya, Billionaire Cencus pada Kamis lalu.

Berdasarkan data tersebut, sebanyak 55,8 persen dari 2.604 miliarder di dunia mendapatkan kekayaannya saat ini karena hasil jerih payah keringatnya sendiri.

Dilansir dari laman CNBC, jumlah kekayaan miliarder ini total mencapai USD 5 triliun.

Sementara 30,9 persen miliarder lainnya mendapatkan kekayaannya dari warisan dan usahanya, dan 13,3 persen sisanya mendapatkan kekayaannya murni hanya dari warisan keluarga.

Data dari penelitian yang dilakukan sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2018 ini menunjukkan meskipun pertumbuhan ekonomi tengah melemah tetapi para miliarder ini masih berhasil mempertahankan kejayaannya.

Namun, jumlah miliarder dan kekayaan yang didapatkan pada 2018 cenderung menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Jumlah miliarder saat ini turun sebanyak 150 orang dari sebelumnya mencapai 2.754 orang pada tahun lalu. Total kekayaan miliarder juga turun dari USD 9,2 triliun menjadi USD 8,6 triliun.

Wealth-X mengatakan, hal ini terjadi akibat votalitas pasar yang meningkat, ketegangan perdagangan global hingga perlambatan pertumbuhan ekonomi.


Terkuak, 15 Negara Penghasil Miliarder Terbanyak di Dunia

banner infografis
Ilustrasi Miliarder

Firma data Wealth-X kembali merilis laporan bertajuk 2019 Billionaire Census. Laporan ini mendata jumlah miliarder pada tahun 2018 dari berbagai negara dan kota di dunia.

Dikutip dari laporan Wealth-X, Minggu 12 Mei 2019, jumlah miliarder turun 8 persen dari tahun lalu. Meski demikian, Amerika Serikat (AS) berhasil mencatat penambahan jumlah miliarder. Miliarder ini banyak berada di New York dan San Fransisco. 

Hal sebaliknya justru terjadi di wilayah Asia. “Amerika Utara menjadi satu-satunya wilayah yang mencatat penambahan populasi miliarder. Asia Pasifik, yang memimpin pertumbuhan miliarder pada 2017, memiliki pengurangan terbesar di tahun 2018 (13,4 persen),” tulis laporan itu.

AS masih menjadi negara dengan miliarder terbanyak dengan total 705 orang miliarder, atau setara 27 persen populasi miliarder global. Saat ini, orang terkaya di dunia juga merupakan warga AS yakni Jeff Bezos.

Pada level 15 besar, hanya ada empat negara yang mengalami pertumbuhan populasi miliarder, yaitu AS (naik 3,7 persen), Rusia (naik 6,3 persen), Britania Raya (naik 7,8 persen), Prancis (1,9 persen).

Selengkapnya, berikut jumlah negara dengan miliarder terbanyak di dunia, beserta jumlah miliarder yang tinggal di negara itu.


15 Negara

Ilustrasi Orang Kaya
Ilustrasi Orang Kaya

Berikut nama negara dengan miliarder terbanyak. Sekadar catatan, ada negara yang miliardernya lebih banyak, tetapi kekayaan para miliardernya lebih sedikit dari negara dengan peringkat di bawah mereka, contohnya seperti Swiss dan Hong Kong. 

Asumsi kurs: Rp 14.349

1. Amerika Serikat

Jumlah: 705 miliarder

Total kekayaan: USD 3.013 miliar (Rp 43.234 triliun)

2. China

Jumlah: 285 miliarder

Total kekayaan: USD 996 miliar (Rp 14.291 triliun)

3. Jerman

Jumlah: 146 miliarder

Total kekayaan: USD 442 miliar (Rp 6.342 triliun)

4. Rusia

Jumlah: 102 miliarder

Total kekayaan: USD 335 miliar (Rp 4.806 triliun)

5. Britania Raya

Jumlah: 97 miliarder

Total kekayaan: USD 209 miliar (Rp 2.998 triliun)


6. Swiss

Ilustrasi Swiss
Ilustrasi Swiss (AFP)

Jumlah: 91 miliarder

Total kekayaan: USD 240 miliar (Rp 3.443 triliun)

7. Hong Kong

Jumlah: 87 miliarder

Total kekayaan: USD 259 miliar (Rp 3.716 triliun)

8. India

Jumlah: 82 miliarder

Total kekayaan: USD 284 miliar (Rp 4.075 triliun)

9. Arab Saudi

Jumlah: 57 miliarder

Total kekayaan: USD 147 miliar (Rp 2.109 triliun)

10. Prancis (seri)

Jumlah: 55 miliarder

Total kekayaan: USD 195 miliar (Rp 2.798 triliun)

10. Uni Emirat Arab (seri)

Jumlah: 55 miliarder

Total kekayaan: USD 165 miliar (Rp 2.367 triliun)


12. Brasil

Ilustrasi bendera Brasil (AFP)
Ilustrasi bendera Brasil (AFP)

Jumlah: 49 miliarder

Total kekayaan: USD 154 miliar (Rp 2.209 triliun)

13. Italia

Jumlah: 47 miliarder

Total kekayaan: USD 141 miliar (Rp 2.023 triliun)

14. Kanada

Jumlah: 45 miliarder

Total kekayaan: USD 87 miliar (Rp 1.248 triliun)

15. Singapura

Jumlah: 39 miliarder

Total kekayaan: USD 84 miliar (Rp 1.205 triliun)


[Bintang] 6 Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses Saat Akhir Pekan
Warren Buffett. | via: dcclothesline.com

Semua orang tentu ingin memiliki hidup yang luar biasa dalam segala aspek. Mulai dari memiliki pekerjaan yang hebat, pendapatan tinggi hingga yang paling sederhana yaitu dapat hidup dengan bahagia tanpa adanya gangguan bagaikan seorang miliarder.

Untuk itu, miliarder Warren Buffett membagikan tips bagaimana ia menjalani hidupnya dengan begitu luar biasa. Mau tahu apa saja yang ia lakukan?

Berikut tiga hal yang miliarder Warren Buffett lakukan agar hidupnya menjadi luar biasa dilansir dari laman CNBC:

1. Lakukan Sesuatu yang ‘Bodoh’

Kata ‘Bodoh’ yang dimaksud oleh Buffett yaitu bersedia untuk melupakan kepentingan diri sendiri daripada hal lainnya. Selain itu, Buffett juga mengatakan seseorang harus berani mengabaikan ketakutannya jika ingin memulai sesuatu dan fokuslah pada hal-hal yang akan dimulainya.


2. Lakukan Sesuatu yang Kreatif

9 Cara Sukses dan Bahagia Ala Warren Buffett
Kata Warren Buffett, kalau mau sukses sekaligus bahagia.

Kreativitas dapat berarti banyak hal, mulai dari menciptakan sesuatu yang baru atau bahkan merumuskan kembali apa yang sudah ada dengan cara yang berbeda. Buffett berpesan jika ingin memiliki hidup yang luar biasa maka temukan sesuatu yang baru dan berbeda yang sudah ada.


3. Jadilah Orang yang Dermawan

Bill Gates dan Warren Buffett
Bill Gates dan Warren Buffett

Buffett merupakan salah satu miliarder yang paling dermawan di dunia. Pada tahun 2006, Buffett mengumumkan, ia akan menyumbangkan sebagian besar kekayaannya pada yayasan Bill dan Melinda Gates. Bagi Buffett, menjadi dermawan adalah salah satu kunci besar untuk meraih kesuksesan hidup.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Hari Pertama PPDB SMPN 1 Binjai di Padati Warga

Binjai, SB Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hari pertama di SMPN 1, Jalan Sultan Hasanuddin, Kec. Binjai Kota, dipadati warga, Selasa (2/7/2019).

15 Teknik Mengajar Guru Masa Kini

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang menuntut pembaharuan di setiap harinya. Pembaharuan tersebut tak hanya berdasarkan instrument dalam pengajaran, namun dituntut untuk cerdas...

Guru Swasta di Binjai Belum Terima Dana Sertifikasi 3 Triwulan

Binjai, SB Guru guru sekolah swasta yang ada di kota Binjai hingga sekarang belum juga menerima dana sertifikasi selama 3 triwulan yang seharusnya...

Bermuasal Tanah 1,5 Hektare, ST Sewa Pembunuh Bayaran untuk Habisi Keluarga Pensiunan Polisi

Suarabinjai,-- Polda Sumut bersama Polres Dairi berhasil mengamankan 7 orang yang diduga pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap satu keluarga di Kelurahan Tiga Lingga, Kabupaten...

Undangan ke Medan, Sekeluarga Tewas dalam Kecelakaan Bus Sempati Star vs Xenia, 9 Orang Korban

Suarabinjai, - Bus Sempati Star bernomor polisi BL 776 AA terlibat tabrakan dengan minibus Daihatsu Xenia BK 1085 ZS. Kecelakaan itu...