Home BISNIS & EKONOMI PGN Selesai Bangun 10 Ribu Jaringan Gas Ibu Kota Baru di 2020

PGN Selesai Bangun 10 Ribu Jaringan Gas Ibu Kota Baru di 2020

-

Suarabinjai, — PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berencana membangun 10 ribu jaringan gas bagi rumah tangga (jargas) hingga 2020 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Daerah tersebut merupakan calonĀ ibu kota baru.

Direktur Komersial Dilo Seno Widagdo mengatakan perseroan rencananya akan membangun 5.000 sambungan rumah tangga (SR) pada tahun ini. Sementara itu, sisa 5.000 sambungan akan dikerjakan perseroan pada tahun depan.

“Jadi sampai akhir 2020 akan sampai dengan 10 ribu sambungan rumah tangga,” kata Dilo, Jumat (30/8). 

Ia mengaku Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah mengajak perseroan dalam merancang sistem pipanisasi dan distribusi gas di ibu kota baru. Saat ini, perseroan tengah mempersiapkan desain dan konsep sistem jargas tersebut.

“Mungkin baru tahun depan, kami baru bisa detailkan jadi rancangan rekayasa dasar,” tuturnya. 

Pembangunan jargas tersebut diharapkan akan menopang kinerja distribusi gas bumi PGN di masa depan. Apalagi, sesuai Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP), perusahaan juga menargetkan volume distribusi gas pada 2024 nanti melonjak dua kali lipat dibanding angka saat ini.

Mengutip data perusahaan hingga semester I 2019, volume penyaluran distribusi gas PGN tercatat 932 Billion British Thermal Unit per hari (BBTUD). Angka itu mengambil 31,72 persen dari total volume penyaluran gas bumi PGN sebesar 2.938 BBTUD di periode yang sama.

“Kami proyeksikan volume akan bertambah dari sekarang 900 BBTUD mungkin sekitar dua kali tapi tergantung permintaan dan pasokan,” katanya. 

Sementara dari sisi infrastruktur, perseroan telah menyediakan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 10 ribu Kilometer (Km) yang melayani lebih dari 350 ribu pelanggan. Dari angka tersebut, 3.800 km sudah dialokasikan demi pembangunan jargas.

“2020 kami rencananya tambah 1.000 Km sehingga (panjang pipa) menjadi 11 ribu km. ini akan terus meningkat dengan tambahan pembangunan pipanisasi untuk jaringan rumah tangga,” tuturnya.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Wali Kota Binjai Hadiri Syukuran HUT ke 53 Batalyon Arhanud 11/WBY Binjai

Binjai, SBWali kota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si menghadiri acara syukuran dalam rangka HUT ke 53 Batalyon Arhanud 11/WBY di Mako YONARHANUD...

Dapat Tiga Penghargaan, KPU Binjai: “Kerja Belum Selesai, Belum Apa-apa”

Binjai, SB Setelah sebelumnya mendapat penghargaan peringkat ketiga berprestasi tingkat Sumut kategori Elemen DPK Terlengkap pemilu 2019, beberapa waktu...

Walikota Terima Audiensi Panitia Reuni Akbar Smansa

Binjai, SBPanitia reuni akbar SMA Negeri 1 (Smansa) Binjai berkunjung ke Kantor Walikota Binjai, guna memantapkan rencana terkait reuni yang akan digelar...

Tingkatkan Partisipasi Pilkada Tahun 2020, KPU Binjai Lakukan Evaluasi

Binjai, SB Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai Melaksanakan evaluasi...

Pertandingan Voli Antar SMA Dukung Medan Kota Atlet dan Ajak Jauhi Narkoba

Suarabinjai,- Dalam rangka menyambut HUT TNI ke 74 Tahun 2019, Kodim 0201/BS menggelar Pertandingan Bola Voli Tingkat SMA sederajat se-Kota Medan di...