Home HUKUM & KRIMINAL Polda Sumut Gagalkan Perdagangan Manusia, Petugas Amankan 25 WNI yang Hendak Dikirim...

Polda Sumut Gagalkan Perdagangan Manusia, Petugas Amankan 25 WNI yang Hendak Dikirim ke Malaysia

-

Suarabinjai,– Subdit IV Renakta DitKrimum Polda Sumut membongkar praktik penyelundupan atau perdagangan manusia ke Malaysia.

Wadir Krimum Polda Sumut AKBP Donald Simanjuntak saat melakukan paparan menceritakan pihaknya mengungkap kasus ini berdasarkan informasi dari masyarakat di Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai.

Mendapat informasi adanya perdagangan manusia, kata Donald Simanjuntak, pada Rabu (10/7/2019) personel Subdit IV Renakta DitKrimum Polda Sumut langsung melakukan penyelidikan.

Petugas mengamankan 25 orang WNI tanpa dilengkapi dokumen resmi akan diberangkatkan ke Malaysia dengan kapal mesin 6 piston yang diduga disewa oleh Amir.

“Kita mengamankan Amirullah Abdullah di Terminal Bus KUPJ Jalan Sudirman Kota Tanjungbalai yang diduga merupakan agen yang mencari TKI ilegal yang akan dibawa ke Malaysia tanpa paspor,” terang Donald.

Dari 25 orang yang diamankan, kata Donald, 19 laki-laki dan 6 orang perempuan.

Secara rinci, 9 orang asal Sumut (4 laki-laki dan 5 Perempuan), 2 orang asal Sulawesi (laki-laki), 4 orang asal Aceh (3 laki-laki, dan 1 perempuan), 1 orang asal Riau (laki-laki), dan 9 orang asal Jambi (laki-laki).

Kepada petugas, Amirullah Abdullah mengaku dirinya mengutip per orang untuk diberangkatkan ke Malaysia sebesar Rp 2,2 Juta sampai 2,3 Juta.

“Itu sudah termasuk uang pemberangkatan dari Sergai ke Malaysia dan uang makan mereka selama perjalanan,” kata Donald.

Selain Amirullah Abdullah, petugas kepolisian juga mengejar dua pelaku lain dan sudah masuk daftar pencarian orang (DPO), yaitu Amir dan Samsul.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Hari Pertama PPDB SMPN 1 Binjai di Padati Warga

Binjai, SB Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hari pertama di SMPN 1, Jalan Sultan Hasanuddin, Kec. Binjai Kota, dipadati warga, Selasa (2/7/2019).

15 Teknik Mengajar Guru Masa Kini

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang menuntut pembaharuan di setiap harinya. Pembaharuan tersebut tak hanya berdasarkan instrument dalam pengajaran, namun dituntut untuk cerdas...

Guru Swasta di Binjai Belum Terima Dana Sertifikasi 3 Triwulan

Binjai, SB Guru guru sekolah swasta yang ada di kota Binjai hingga sekarang belum juga menerima dana sertifikasi selama 3 triwulan yang seharusnya...

Bermuasal Tanah 1,5 Hektare, ST Sewa Pembunuh Bayaran untuk Habisi Keluarga Pensiunan Polisi

Suarabinjai,-- Polda Sumut bersama Polres Dairi berhasil mengamankan 7 orang yang diduga pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap satu keluarga di Kelurahan Tiga Lingga, Kabupaten...

Undangan ke Medan, Sekeluarga Tewas dalam Kecelakaan Bus Sempati Star vs Xenia, 9 Orang Korban

Suarabinjai, - Bus Sempati Star bernomor polisi BL 776 AA terlibat tabrakan dengan minibus Daihatsu Xenia BK 1085 ZS. Kecelakaan itu...