Home HUKUM & KRIMINAL Polda Sumut Gagalkan Perdagangan Manusia, Petugas Amankan 25 WNI yang Hendak Dikirim...

Polda Sumut Gagalkan Perdagangan Manusia, Petugas Amankan 25 WNI yang Hendak Dikirim ke Malaysia

-

Suarabinjai,– Subdit IV Renakta DitKrimum Polda Sumut membongkar praktik penyelundupan atau perdagangan manusia ke Malaysia.

Wadir Krimum Polda Sumut AKBP Donald Simanjuntak saat melakukan paparan menceritakan pihaknya mengungkap kasus ini berdasarkan informasi dari masyarakat di Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai.

Mendapat informasi adanya perdagangan manusia, kata Donald Simanjuntak, pada Rabu (10/7/2019) personel Subdit IV Renakta DitKrimum Polda Sumut langsung melakukan penyelidikan.

Petugas mengamankan 25 orang WNI tanpa dilengkapi dokumen resmi akan diberangkatkan ke Malaysia dengan kapal mesin 6 piston yang diduga disewa oleh Amir.

“Kita mengamankan Amirullah Abdullah di Terminal Bus KUPJ Jalan Sudirman Kota Tanjungbalai yang diduga merupakan agen yang mencari TKI ilegal yang akan dibawa ke Malaysia tanpa paspor,” terang Donald.

Dari 25 orang yang diamankan, kata Donald, 19 laki-laki dan 6 orang perempuan.

Secara rinci, 9 orang asal Sumut (4 laki-laki dan 5 Perempuan), 2 orang asal Sulawesi (laki-laki), 4 orang asal Aceh (3 laki-laki, dan 1 perempuan), 1 orang asal Riau (laki-laki), dan 9 orang asal Jambi (laki-laki).

Kepada petugas, Amirullah Abdullah mengaku dirinya mengutip per orang untuk diberangkatkan ke Malaysia sebesar Rp 2,2 Juta sampai 2,3 Juta.

“Itu sudah termasuk uang pemberangkatan dari Sergai ke Malaysia dan uang makan mereka selama perjalanan,” kata Donald.

Selain Amirullah Abdullah, petugas kepolisian juga mengejar dua pelaku lain dan sudah masuk daftar pencarian orang (DPO), yaitu Amir dan Samsul.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Raih Medali di Kejurnas Bandung, Kapolres Binjai Beri Apresiasi Kepada Atlit Porkemi

Binjai, SB Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto memberikan apresiasi kepada para atlit Porkemi Binjai yang berhasil meraih medali...

Berhasil Mengungkap Beberap Kasus Besar, Nugroho Dipromosikan Jadi Kapolres Jepara Polda Jateng

Binjai, SBKapolri Jenderal (Pol) Idham Azis mengeluarkan TR bernomor ST/3233/XII/KEP/2019 tertanggal 6 Desember 2019 tentang mutasi Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto.Mantan...

Wanita Tanguh Zaman Milenial, Peraih mendali emas randori senior Kempo Kejurnas Bandung

Binjai, SB Menjalani kehidupan disiplin dan keras sudah tertanam pada diri...

Porkemi Binjai Raih Enam Medali di Kejurnas Bandung

Binjai, SB Meski kurang dukungan dari Pemko Binjai Porkemi tetap bisa meraih tiga emas satu perak dan dua perunggu...