Ruangan Isolasi Covid-19 Sering Penuh, RSUP Adam Malik Akan Tambah 33 Ruangan

0
48


Medan, SB

RSUP H Adam Malik Medan akan menambah 33 ruangan untuk isolasi pasien Covid-19 dikarenakan 65 ruangan yang sudah ada sering penuh.
Hal itu di kata Direktur Utama RSUP HAM, dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) pada saat silaturrahmi dengan insan media, Rabu (16/9) di rumah sakit milik Kemenkes RI tersebut.
“Penambahan 33 ruangan isolasi ini berada di satu lantai diruangan yang sudah ada.Ini juga karena melihat kondisi di IGD,” jelas Zainal Safri.
Begitupun, lanjutnya, penambahan tersebut dengan memperhatikan zona merah, agar pasien Covid-19 tidak menyatu dengan pasien non Covid-19. 
“Jadi ada 98 untuk ruangan Covid-19. Awal bulan nanti sudah bisa digunakan,” ujarnya didampingi Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Dr dr Fajrinur M.Ked (Paru) Sp.P (K) dan Direktur Keuangan Supomo SE.MKes.
Sebelumnya, RS Adam Malik memiliki 11 ruangan isolasi. Kemudian dilakukan penambahan 44 ruangan dan dilakukan penambahan kembali sebanyak 33 ruangan isolasi.
“Saat ini sudah menampung untuk pemeriksaan Swab dari rumah sakit lain. Rata rata yang diperiksa 190 sample Swab per hari,” sambungnya.
Ia juga menerangkan, untuk ruangan pasien Covid-19 itu terbagi menjadi tiga ruangan yaitu untuk kondisi pasien berat, sedang dan ringan. Untuk pasien dengan kondisi berat berada diruang isolasi bertekanan negatif. 
“Dari hasil prevalensi yang dihitung frekuensinya hampir 50 persen kondisi berat karena ini rumah sakit rujukan. Kita banyak yang pasien kritis dan berat, angka kesembuhan 95 persen,” tutupnya. (Dera)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here