Terapkan Sekolah Daring, Disdik Binjai Latih Para Guru Aplikasi Sigum Berbasis Digital

0
106

Suarabinjai–Sistem belajar dan mengajar dengan bertatap muka langsung belum bisa digelar di gedung sekolah. Awal tahun ajaran baru, siswa mendaftar secara online dan masih belajar dengan sistem daring dari rumah mulai Senin (13/7/2020).

Menyikapi masalah pendidikan di masa pandemi Covid-19, Dinas pendidikan Kota Binjai menggelar Praktik Pelatihan Pembelajaran Berbasis Online dan Digital Aplikasi Sistem Informasi Guru Mengajar (SIGUM) yang dikenalkan kepada para guru se-Kota Binjai.

Selama tiga hari, para guru dilatih khusus di lantai II Aula Pemko Binjai.

Praktik Pelatihan SIGUM memaparkan tips pembelajaran melalui sistem daring, salah satunya yakni merancang cara penyampaian materi pelajaran melalui alat elektronik digital.

Kepala Dinas Pendidikan Kota, Binjai Sri Ulina Ginting mengatakan sejak awal pihaknya sudah mempersiapkan aplikasi SIGUM sebagai antisipasi pandemi yang tidak jelas kapan harus diakhiri.

Dia tak memungkiri bahwa sistem baru ini ada sedikit kendala terkait pengetahuan cara mengoprasikan Aplikasi SIGUM

“Masih banyak guru yang harus banyak belajar sistem digital ini. Masih banyak kekurangan mereka menjalankan sistem daring. Tapi tetap alhamdulillah tiga hari pelatihan Sistem Informasi Guru Mengajar direspon cukup baik oleh peserta dan berproses lebih sempurna,” ucapnya.

Para guru juga antusias, dan meminta agar terus dilatih guna memaksimalkan pengetahuan mereka demi pembelajaran tetap berlangsung bagi murid mereka. Rasa tanggung jawab akan pentingnya pendidikan bagi generasi jadi alasan para guru beradaptasi dengan sistem digital.

Dinas Pendidikan juga tidak mendesak para guru harus paham sistem digital dalam tempo waktu yang singkat. Yang utama secara perlahan dan berusaha maksimal beradaptasi memakai alat elektronik.

“Tetap sabar dan jangan sampai stres, anggaplah metode belajar melalui aplikasi ini sama seperti belajar biasa. Di dalam ruangan ada guru dan murid, namun kali ini metodenya interaksi jarak jauh antara guru dan murid,” pungkasnya.

Sebagai Siswa yang baru terdaftar di SMA Negeri 2 Kota Binjai, Siti Ellyza Nasution diwawancarai mengatakan belum mulai proses belajar, bahkan belum mendatangi gedung sekolah. Dirinya baru mendapat kabar untuk pembagian ruang kelas.

“Sudah lulus di SMA Negeri 2, kemarin daftar online. Kami belum ada masuk sekolah. Besok masih pembagian ruang kelas. Selama ini belajar online sudah mulai terbiasa, gak ada kendala, paling harus beli paket internet saja buat interaksi sama guru dan sekolah,” pungkasnya.

Suarabinjai.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here