Home LAINNYA NASIONAL Viral Harga Rujak Rp 300 Ribu 4 Porsi, Bu Mella: Kalau Ini...

Viral Harga Rujak Rp 300 Ribu 4 Porsi, Bu Mella: Kalau Ini Ditutup, Siapa Menghidupi Keluarga Saya

-

Suarabinjai,– Warung rujak cingur Bu Mella di Wiguna Timur, kawasan Gunung Anyar Surabaya, viral.

Pemiliknya adalah Marmila yang ternyata menjadi tulang punggung keluarganya.

Saat ditemui di rumahnya, Marmila mengaku sebagian uang penghasilannya berjualan rujak cingur, ternyata ia gunakan untuk membiayai pengobatan cuci darahsuaminya yang tengah mengidap sakit ginjal.

“Kalau usaha saya ini ditutup, siapa yang bakal menghidupi keluarga saya. Suami saya ini cuci darah,” katanya di kediamannya di kawasan Gunung Anyar, Surabaya, Selasa (11/6/2019).

VIRAL Rujak Cingur Kaki Lima Seporsi Rp 60 Ribu di Surabaya Ditertibkan Satpol PP
VIRAL Rujak Cingur Kaki Lima Seporsi Rp 60 Ribu di Surabaya Ditertibkan Satpol PP (Instagram)

Marmila menuturkan sekitar enam tahun lalu, penyakit ginjal itu menyerang suaminya.

Sejak 2014, Mila harus menunjukkan kesetiannya mengantar sang suami cuci darah secara rutin, seminggu dua kali.

“Sudah enam tahun, seminggu dua kali. Biasanya cuci darah Senin dan Kamis,” kata nenek satu cucu itu.

Mila mengaku sebenarnya tidak mempermasalahkan beredarnya rekaman video di media sosial tentang rujak cingur olahannya itu.

Namun, beberapa hal yang kerap membuatnya merasa sedih, jika difitnah berjualan rujak cingur yang asal-asalan mematok harga, hingga diintimidasi oleh orang-orang tak dikenal sepanjang hari.

“Itu orang, kalau tidak beli juga tak apa-apa. Yang penting jangan merusak dagangan saya seperti itu,” keluhnya.

“Sejak kemarin ada yang SMS saya tulisannya kata-kata dan kalimat yang tak patut. Nomor yang meneror saya itu banyak. Tapi tetap ada hikmahnya, pelanggan baru saya juga bertambah,” ujarnya.

Tak Bergeming

Meski sudah viral di media sosial dan banyak dikeluhkan warga, lapak rujak cingur Bu Mella akan tetap mematok harga Rp 60.000.

Marmila mengaku tak bergeming dengan keluhan tersebut.

Ia mengklaim sajian rujak cingur yang dibuatnya sepadan dengan harganya lantaran cita rasa dan banyak porsinya.

Warung rujak cingur Bu Mella di Surabaya viral gara-gara mematok harga fantastis, saat ditertibkan, Senin (10/6/2019).
Warung rujak cingur Bu Mella di Surabaya viral gara-gara mematok harga fantastis, saat ditertibkan, Senin (10/6/2019).

“Saya tidak takut. Kenapa takut, kan saya tidak mencuri,” kata Marmila, Selasa (11/6/2019).

Marmila menuturkan hari ini ia sengaja tidak berjualan. Ia mengaku kondisi tubuhnya sedang tidak sehat.

Selama seharian tadi, Marmila merasa kepalanya pusing.Oleh karena itu, ia memutuskan untuk tidak berjualan dahulu.

“Hari ini saya tak jualan, kepala saya pusing. Karena kan kemarin saya didatangi banyak orang ya Kapolsek, kelurahan, banyak,” katanya seraya memegang kening kepala sisi kanannya.

Namun, ia memastikan Rabu (12/6/2019) besok lapak rujaknya akan kembali buka seperti biasa.

“Besok jualan lagi. Siang ya,” ujarnya.

 Viral di Media Sosial hingga Ditutup Sementara

Sebelumnya, viral video penjualan rujak cingur Bu Mella seharga Rp 60 ribu di kawasan Jalan Raya Wiguna Timur Surabaya, sempat bikin heboh netizen.

Kini, lapak rujak cingur milik Bu Mella itu tutup sementara.

Dari pantauan Selasa (11/6/2019), lapak yang semula berada di pinggir sungai dekat Gang Wiguna Tengah VIII itu kosong.

“Jualannya di depan gang, dekat sungai kecil tapi sekarang tidak ada. Sudah digusur,” kata seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Rombong rujak cingur milik Bu Mella telah dipindah sementara di depan rumah kosong yang tak jauh dari lokasi jualannya.

Rombong yang kerap dipakai Bu Mella berjualan tampak kosong, tidak ada perabotan maupun banner yang tertinggal.

Sekretaris Kelurahan Gunung Anyar Tambak Indah W membenarkan penertiban lapak rujak cinggur Bu Mella.

Penertiban tersebut berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (10/6/2019).

“Iya memang kemarin kami minta untuk tidak berjualan dulu. Kami dari kelurahan, Satpol PP dan Bhabinkamtibmas mengingatkan soal harga dan tidak berjualan di area jalan,” kata Indah W saat ditemui di kantor kelurahan, Selasa (11/6/2019).

Penjualan rujak cingur Bu Mella sempat viral lantaran dikeluhkan pelanggan dengan harga Rp 60 ribu untuk satu porsi dan minuman es teh Rp 15 ribu.

Empat Porsi Rujak Rp 300 Ribu

Kabar rujak cingur mahal pertama kali diunggah akun Instagram @nenk_update.

Akun itu mengunggah sebuah video dan unggahan Facebook yang menunjukkan kalau dirinya baru saja makan rujak cingur seharga Rp 60 ribu dan minuman es seharga Rp 15 ribu.

Bukan restoran, melainkan warung kaki lima biasa.

Bahkan warung itu tidak memiliki tenda dan hanya berjualan di bawah pohon.

Pada video itu, terlihat pria yang makan di sana dikenakan harga sekitar Rp 300 ribu untuk 4 porsi rujak.

Meski harganya cukup fantastis, tapi pria itu tidak tampak emosi dan bertanya macam-macam pada ibu pedagangnya dengan tenang.

“Soalnya aku baru tahu makan rujak segitu harganya,” kata pria itu sambil sedikit tertawa.

Namun si ibu itu membalas kalau ada pedagang di kota yang menjual rujak cingur dengan harga yang lebih mahal.

“Saya sih, bukan dari daerah sini. Soalnya kalau melihat tempatnya,” ujar pria itu.

“Tempat mah, enggak jamin! Soalnya di sini yang makan orang-orang elite!” ujar ibu itu memotong perkataan pria tersebut.

“Oh gitu, ya udah kalau begitu, mohon maaf ya, Bu,” kata pria itu lalu pergi dari warung.

Melihat unggahan ini, banyak warga asli Surabaya yang angkat bicara.

Bahkan ada yang mengaku rumahnya berdekatan dengan warung ini.

Seperti akun @arintafenty yang menulis ‘Ya ampun bs masuk akun gosip jg tukang rujak diperumahanku yg emg udah terkenal mahal padahal jual dipinggiran jalan’.

Saat ditanya warganet lain, ia menjawab kalau daerahnya ada di Perumahan Wiguna, Gunung Anyar.

Ia mengaku sering mendengar tentang harganya yang mahal, namun tidak pernah mencobanya.

Kemudian akun @dwiiyy: ‘ya lord sampe masuk sini.. di Surabaya ini min beda gang doank ma rumah wkwk’.

Ada juga akun @mielamelamell yang menulis: ‘Memang ada di sby rujakcingur harga segitu tp bukan itu penjualnya..petis memang wuenak gag mudah cair n pake buah mahal’

Akun @nadiyaanalisa pun menjelaskan lokasi sebenarnya ‘bantu jwb klo di surabaya yang harga 70 klo gak 80 an cmiw itu yang di jl ahmad jais. Jd terkenal nya nama nya rujak cingur ahmad jais jadi rujak nya emang pakek cingur sapi bukan pakek cecek dan bumbu nya bukan pakek kacang biasa tapi pakek kacang mente’

Menurut penelusuran SajianSedap.com (grup Surya.co.id) memang rujak cingur yang berada di Jl. Ahmad Jais, Peneleh itulah yang terkenal mahal.

Namun di sana sudah jadi langganan para tokoh nasional hingga artis.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Hari Pertama PPDB SMPN 1 Binjai di Padati Warga

Binjai, SB Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hari pertama di SMPN 1, Jalan Sultan Hasanuddin, Kec. Binjai Kota, dipadati warga, Selasa (2/7/2019).

15 Teknik Mengajar Guru Masa Kini

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang menuntut pembaharuan di setiap harinya. Pembaharuan tersebut tak hanya berdasarkan instrument dalam pengajaran, namun dituntut untuk cerdas...

Guru Swasta di Binjai Belum Terima Dana Sertifikasi 3 Triwulan

Binjai, SB Guru guru sekolah swasta yang ada di kota Binjai hingga sekarang belum juga menerima dana sertifikasi selama 3 triwulan yang seharusnya...

Bermuasal Tanah 1,5 Hektare, ST Sewa Pembunuh Bayaran untuk Habisi Keluarga Pensiunan Polisi

Suarabinjai,-- Polda Sumut bersama Polres Dairi berhasil mengamankan 7 orang yang diduga pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap satu keluarga di Kelurahan Tiga Lingga, Kabupaten...

Undangan ke Medan, Sekeluarga Tewas dalam Kecelakaan Bus Sempati Star vs Xenia, 9 Orang Korban

Suarabinjai, - Bus Sempati Star bernomor polisi BL 776 AA terlibat tabrakan dengan minibus Daihatsu Xenia BK 1085 ZS. Kecelakaan itu...