Home LAINNYA NASIONAL Waspada MERS-CoV, Jemaah Haji Diminta Tak Foto dengan Unta

Waspada MERS-CoV, Jemaah Haji Diminta Tak Foto dengan Unta

-

Suarabinjai,– Warga Indonesia yang akan melakukan ibadah haji diminta untuk mewaspadai virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) dengan menjauhi unta.

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek bahkan meminta jemaah haji saat tiba di Arab Saudi untuk tidak mendekati unta, seperti melakukan foto selfie dengan binatang ini.

“Saya mengimbau jangan dekat-dekat unta, enggak usah foto sama unta,” kata Nila, sesuai dengan keterangan dari Kementerian Kesehatan, Jumat (14/6).

Jemaah haji rentan tertular virus MERS-CoV jika dekat-dekat dengan unta, salah satu hewan yang dapat menyebarkan virus tersebut.

Imbauan ini diberikan untuk mengantisipasi penularan virus MERS-CoV dari unta ke jemaah Indonesia. Karena jika tertular ke jemaah haji Indonesia, virus tersebut akan ikut terbawa ke Indonesia sekembalinya para jemaah dari beribadah.

Virus ini dinilai berbahaya karena dapat menimbulkan gejala berupa demam, batuk, sesak napas dan berujung hingga gagal ginjal, pneumonia, bahkan kematian.

Hingga saat ini, virus MERS-CoV belum memiliki vaksin karena memiliki sifat yang cepat berubah-ubah.

“Belum ada vaksinnya, virus ini enggak gampang bikin vaksinnya, karena virus cepat berubah, percuma kita bikin vaksin tahu-tahu sudah berubah,” ucap Nila.

Selain itu, Nila mengaku juga sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk melakukan antisipasi penularan virus MERS-CoV.

“Kami sudah bicara dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi dan mereka mengerti, hal itu (virus MERS-CoV) tidak akan menyebar ke negara lain. Jadi selama nanti pelaksanaan haji mereka akan memperhatikannya,” kata Nila.

(suarabinjai.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA UTAMA

Bermuasal Tanah 1,5 Hektare, ST Sewa Pembunuh Bayaran untuk Habisi Keluarga Pensiunan Polisi

Suarabinjai,-- Polda Sumut bersama Polres Dairi berhasil mengamankan 7 orang yang diduga pelaku percobaan pembunuhan berencana terhadap satu keluarga di Kelurahan Tiga Lingga, Kabupaten...

Undangan ke Medan, Sekeluarga Tewas dalam Kecelakaan Bus Sempati Star vs Xenia, 9 Orang Korban

Suarabinjai, - Bus Sempati Star bernomor polisi BL 776 AA terlibat tabrakan dengan minibus Daihatsu Xenia BK 1085 ZS. Kecelakaan itu...

Polisi Bripka Agus Dikeroyok 2 Orang Ngaku Anggota Ormas, Gigi Depan Bagian Atas Sampai Copot

Suarabinjai,-- Dua anggota ormas mengeroyok seorang anggota SPKT Polresta Denpasar, Bripka Made Agus Darmayana (40), di tempat biliar Queen Jalan Gunung Andakasa, Denpasar, Minggu...

Menurut Kontras, Polri Lebih Pentingkan Empat Pejabat Negara Daripada Korban Tewas 21-22 Mei

SUARABINJAI.COM- Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengkritik cara penanganan kerusuhan 21 dan 22 Mei di Jakarta.

Walikota Binjai H.M Idaham Di Periksa Polda Sumut

suarabinjai.com- Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut memeriksa Wali Kota Binjai HM Idaham terkait dana hibah Komite Nasional Pemuda Indonesia...