2 Tahun Berdiri, Kelompok Tenun Uis Karya Bunda Wacanakan Inovasi

0
148

Binjai, SB

Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kota Binjai komitmen mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lewat pemberdayaan kelompok usaha binaan di sejumlah klaster di kota setempat.

Kacab BRI Binjai Agung Prasetyo, melalui Asisten Manager Bisnis Mikro Roni Oktavianus Sembiring, mengatakan pihaknya memberikan kemudahan berupa bantuan permodalan, promosi, pelatihan dan pembinaan kepada klaster binaan sesuai dengan usahanya.

“tidak hanya sebatas permodalan atau pinjaman, kita juga melakukan pendampingan agar klaster usaha binaan BRI berkembang. Kita coba mengkoneksikan pelatihan tenun Uis Karo di Karya Bunda ini ke Designer atau penjahit agar produknya tidak hanya sebatas Ulos/Uis, namun bisa membuat pakaian jadi,” sebut Roni, didampingi Kepala Unit BRI Cabang Soekarno – Hatta, Mahfudi, Senin (21/3/2022).

Sebagai klaster binaan, Roni proyeksikan Karya Bunda untuk lebih inovatif dalam menciptakan Uis Tradisional agar mampu bersaing di pasaran.

“Kita lebih fokus ke Ornamennya, bukan sisi etnisnya. Maka itu kita melakukan pendampingan. Menurut saya, akan lebih efektif jika produk olahan penenun di Karya Bunda bisa membuat berbagai produk lain dari berbagai Etnis, misalnya Karo, Batak Toba ataupun Simalungun. Nah, ini nanti yang kita edukasi ke mereka agar produknya sesuai dengan permintaan pasar,” tukas Rony, disela kunjungannya ke kelompok tenun tradisional Karya Bunda, di Jalan Nuri, Kelurahan Mencirim, Binjai Timur, Senin (21/3).

Turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Binjai Megang Sitepu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Drs H. Hamdani, Kepala Dinas Ketapang, Lurah Mencirim dan Aulia Arfan, pendamping UMKM binaan dari Dinas Koperasi Sumut.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Binjai Megang Sitepu, menyarankan agar Karya Bunda segera membuat legalitas Koperasi yang direncanakan akan dibentuk. Menurutnya hal itu penting guna mengoptimalkan peran Sanggar sebagai pelaku UMKM untuk berkembang.

“tentunya kami dari Instansi terkait turut mendukung, membantu dan akan membina kelompok penenun di Karya Bunda agar produktif mengoptimalkan perannya sebagai pelaku UMKM di kota Binjai,” sebut dia.

Ketua kelompok penenun Uis Karo tradisional Karya Bunda, Ade Fitri, mengucapkan terima kasih atas kehadiran BRI beserta OPD dilingkungan Pemko Binjai. Dia berharap moment kunjungan ke Sanggar yang dipimpinnya jadi gambaran bahwa keberadaan ‘Karya Bunda’ berdampak baik bagi para penenun.

“Kelompok ini sudah berjalan sekitar dua tahun bermodalkan tekad dan nekat. Anggota yang tergabung dalam kelompok kami mayoritas para Janda tua yang berjuang untuk menghidupi anak dan cucunya,” katanya.

Sanggar yang berdiri sejak tahun 2020 ini menenun dengan cara manual dan memberdayakan 15 orang penenun. Ade Fitri sebagai ketua kelompok, berharap Pemerintah mengatensi Pengrajin Uis Karo Karya Bunda agar perekenomian anggota dapat terbantu.

Jujur saya katakan, ucap Fitri,” sebagai Ketua Kelompok saya iba melihat sebagian anggota kami yang berjuang dengan menenun Uis untuk menyambung hidup. Kami sangat mengahargai rencana bantuan dari BRI Cabang Binjai melalui Unit Soekarn -Hatta, hal itu tentu jadi asa (harapan) baru buat kami. Selain itu terimakasih buat Disnaker Perindag ya sebelumnya sempat menyuport kegiatan ini,” tutur Ade.

Kunjungan BRI dan sejumlah OPD ke kelompok tenun Karya Bunda diwarnai dengan pemberian dan penyematan Uis Karo secara simbolis. (Kro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here