Harga Komoditas Sayur Melambung, Kadis Ketapangtan Binjai : Petani Bisa Manfaatkan Program Pajale

0
252

Binjai –

Mengawali tahun 2021,
sejumlah komoditas sayuran mengalami kenaikan harga, terutama Cabai Rawit merah, yang sempat turun setelah mengalami kenaikan yang cukup tajam.

Kenaikan harga Cabai Rawit merah, disinyalir karena faktor cuaca yang tidak menentu akhir akhir ini, sehingga tanaman Cabai menjadi rusak dan berimbas pada pendapatan petani Cabai.

Di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara, Cabai Rawit Merah tembus di kisaran harga Rp 80.000, setelah sebelumnya sempat mencapai Rp 95.000.

Belum selesai persoalan harga Cabai Rawit merah yang tinggi, masyarakat juga dihadapkan dengan tingginya harga Kedelai, yaitu mencapai harga Rp 11.000/Kg di Pasar Tavip Binjai beberapa hari yang lalu. Lonjakan tersebut juga terjadi di Pasar Kebun Lada Binjai. Di Pasar yang kerap dikenal orang dengan sebutan Pajak Pagi ini, harga bahan baku Tempe ini tembus dikisaran Rp 25.000/Kg (sumber Disperindag Binjai).

Hingga kini, masyarakat menilai jika Pemerintah belum mampu mengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan tersebut.

Menyikapi hal itu, awak media ini mencoba melakukan konfirmasi dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (Disketapangtan) Kota Binjai, Agustawan Karnajaya. Menurutnya, untuk Kedelai, petani yang berada pada Kelompok Tani (Poktan) tidak mau memanfaatkan Program Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai).

“Untuk Kedelai, para Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani, tidak mau memanfaatkan program Pajale, karena mereka menilai harga jual yang murah,” ungkap Agustawan Karnajaya, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (12/1).

Sedangkan untuk Cabai, lanjutnya, sudah dilaksanakan melalui Anggaran Covid-19 Provinsi Sumatera Utara. “Saat ini sedang menyemai untuk ditanam pada awal Bulan Februari,” ucap Pria berkacamata ini.

Sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Binjai, Agustawan Karnajaya juga mengatakan jika di Tahun Anggaran 2021, Kota Binjai melalui dana APBN, Kelompok Wanita Tani akan menerima manfaat dari pemanfaatan lahan pekarangan.

“Termasuk menanam berbagai jenis Sayur Sayuran dan Coba Cabai,” beber Agustawan Karnajaya, meakhiri pembicaraannya. (Dea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here