KPOTI Binjai Gelar Festival Olahraga Tradisional

0
211

Binjai, SB

Komite Permainan Olahraga Tradisional (KPOTI) Kota Binjai menggelar Festival permainan rakyat yang diikuti 353 peserta dari SD dan SMP di kota setempat.

Kegiatan berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Kelurahan Tangsi, Binjai Kota, Sumut.

Sekretaris KPOTI Kota Binjai Rahmat, mengatakan kegiatan yang seharusnya digelar selama 3 hari, namun sepertinya memungkinkan untuk dipadatkan jadi 2 hari.

” Maka besok Sabtu (25/3) akan dilakukan partai semi final dan final. Hari ini babak penyisihan,” kata Rahmat, Jum’at (25/3).

Festival kali ini,” lanjut Rahmad,” ada 3 jenis permainan tradisional yang diperlombakan, yaitu Enggrang, Terompa dan Lari Balok.

Sementara Ketua KPOTI kota Binjai, Sri Ulina Ginting S.Pd, menilai bahwa Festifal yang digelar kali ini sebagai bentuk upaya dalam melestarikan dan menggelorakan kembali Budaya permainan tradisional secara menyeluruh yang hampir tergerus di zaman modern.

“ayo bersama kita bangkitkan olahraga tradisional di Kota Binjai agar para penerus bangsa tidak melupakan Budayanya. Hal ini juga sebagai bentuk mewujudkan visi-misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai,” tukas Lina.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai Ismail Ginting yang membuka Festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Tingkat SD/SMP se Kota Binjai, mengaku
sangat mendukung bentuk kegiatan pelestarian warisan budaya daerah dalam memperkenalkan nilai-nilai etika dalam budaya yang dipresentasikan lewat permainan tradisional.

” kegiatan memberikan hiburan yang mendidik serta melatih sportivitas khususnya bagi generasi muda. Saat ini lebih banyak anak yang menggemari permainan daring daripada permainan tradisional. Itu sebabnya, anak-anak lebih rentan kecanduan gawai. Inilah yang mendorong kita semua untuk mengajak mereka bermain permainan tradisional,” ungkap Ismail.

Dia berharap, nantinya ada salah satu dari olahraga tradisional bisa menjadi olahraga yang mendunia, sehingga ada pencapaian dari tradisi menuju prestasi. (Kro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here